NIKMATUL BADRIYAH

Nama saya Nikmatul Badriyah.Saya sangat bersyukur kepada Alloh, almarhum kedua orangtua saya memberi nama tersebut, yang tentunya punya arti yang baik. Sat...

Selengkapnya
Navigasi Web
3.2.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

3.2.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Demonstrasi kontekstual

Tugas modul 3.2.a.7

"Pemimpin dalam pengelolaan sumber daya"

Oleh : Nikmatul Badriyah

Cgp Angkatan 4 kabupaten Tulungagung

SDN 2 Bendiljati Kulon, Sumbergempol, Tulungagung adalah sekolah dimana saya mengabdi dalam kurun 5 tahun terakhir ini sejak saya mutasi.Sekolah ini terletak di sebuah desa di wilayah Tulungagung yang keberadaannya sudah ada sejak tahun 1980 yang hingga kini masih eksis berdiri. Menurut informasi yang saya dapatkan dari para guru senoir serta orang –orang di sekitar, selama kurun waktu dan beberapa dekade tersebut sekolah kami telah banyak menghasilkan sumber daya manusia yang baik dan berkualitas. Begitu pula dari kompetensi para guru yang mengajar selama kurun waktu yang berjalan tingkat kualifikasi yang dimiliki oleh guru-guru mulai dari SPG sampai sekarang yang kini semuanya sudah memiliki kualifikasi pendidikan S1dan S2. Sudah banyak prestasi yang telah ditorehkan dari berbagai ajang kejuaraan lomba dan prestasi murid. Hingga kini, kami para guru tetap semangat untuk meningkatkan kompetensi salah satunya dengan mengikuti progam guru penggerak dalam rangka untuk dapat memberi sumbangsih dan dapat memberi yang terbaik bagi kemajuan pendidikan dan kemajuan anak didik kami di SD tercinta ini.

Pemetaan 7 Aset / Kekuatan yang dimiliki oleh sekolah

1. Modal manusia

· Pengawas sekolah

· Guru Profesional (S1 dan S2)

· Guru Penggerak

· Guru sudah open minded

· Guru memiliki kecakapan berwirausaha

· Guru berprestasi dan berdedikasi

· Guru memiliki ketrampilan dan kreativitas dan inovasi yang beragam

· Guru sebagai Instruktur

· Pembina Pramuka

· Masyarakat sekitar sekolah

· Orang tua/komite sekolah

· Murid sebanyak 128 yang heterogen dengan berbagai potensi baik akademik maupun non akademik

· Murid Juara Melukis

· Juara KSN tingkat kecamatan

· Juara Puisi

· Juara Pildacil

· Juara menyanyi

Strategi Pemanfaatan Modal Manusia : - Menetapkan visi dan misi sekolah dengan target sekolah mewujudkan murid yang penuh cinta kasih, mandiri dan berprestasi - Melaksanakan pembelajaran yang berpihak pada murid seperti coaching, pembelajaran berdiferensiasi dan sosial emosional - Menghidupkan berbagai kegiatan ekstrakuriler - Melaksanakan budaya literasi sekolah

2. Modal sosial

a. Ketua PGRI Ranting

b. Bendahara PGRI Ranting

c. Bendahara KKG

Strategi pemanfaatan Modal Sosial : - Mengimplementasikan strategi pembelajaran di luar kelas melalui kerjasama dengan pemerintah atau perusahaan. - Bekerja sama dan saling percaya dengan instansi/lembaga mewujudkan visi misi sekolah - Mengoptimalkan kegiatan komunitas praktisi, MGMP untuk pembelajaran yang berpihak pada murid

- Membangun hubungan sosial yang solid baik dalam acara duka dan suka diantara guru, murid dan semua warga sekolah

3. Modal fisik

a. Memiliki gedung sekolah

b. Ruang kelas

c. Perpustakaan

d. Kamar mandi/WC

e. UKS

f. Listrik

g. Air

h. Jaringan internet WI-FI

Strategi pemanfaatan Modal Fisik : - Memanfaatkan sarana dan prarasana sekolah seoptimal mungkin untuk pembelajaran yang bermakna - Merawat dan memelihara seluruh sarana dan prasara secara secara rutin untuk kesinambungan proses pembelajaran

4. Modal lingkungan/alam

1. Aset internal:

- Kebun sekolah

2. Aset eksternal:

- Taman bunga dan buah

Strategi pemanfaatan Modal Lingkungan/Alam : - Memanfaatkan taman sekolah sebagai tempat belajar, literasi dan kegiatan ekstrakurikuler dan lain-lain - Memanfaatkan fasilitas umum sebagai sarana/ media belajar diluar kelas

5. Modal finansial

a. Dana BOS

b. Dana Iuran komite

6. Modal politik

1. Aset internal

a. Kerjasama dengan polsek dan danramil terkait kegiatan sekolah

b. Kerjasama dengan pemerintah desa terkait kegiatan sekolah

c. Kerjasama dengan komite sekolah terkait kegiatan sekolah

d. Kerjasama dengan PUSKESMAS dalam rangka BIAS, Sosialisasi PHBS

2. Aset eksternal:

- Karang taruna desa

Strategi Pemanfaatan Modal Politik : Ketika pandemi covid 19 melanda, melalui kerja sama dengan puskesmas semua murid mulai kelas 1-6 ke atas telah menerima vaksin 1 dan 2, serta memberikan imunisasi yang lain kepada murid melalui program BIAS Melalui kerjasama dengan BPJS Kesehatan Guru dan tenaga kependidikan serta karyawan mendapatkan pelayanan Kesehatan

7. Modal agama dan budaya

1. Aset internal:

a. Melaksanakan kegiatan keagamaan pada peringatan hari besar agama.

b. Kegiatan santunan yatim/ piatu pada bulan Assura

c. Kegiatan penyaluran zakat fitrah pada bulan Romadhon

d. Kegiatan pondok Romadhon dan pesantren kilat pada bulan Ramadan

e. Kegiatan penyaluran dana bantuan bagi korban bencana dan sumbangan duka

2. Aset eksternal :

- Memiliki perkumpulan organisasi keagamaan, budaya dan kesenian desa.

Strategi Pemanfaatan Modal Agama dan Budaya : - Merayakan hari-hari besar nasional seperti : Hari Kartini, Hardiknas, Harkitnas, Sumpah pemuda, hari lahirnya Pancasila, hari guru, dengan menampilkan beragam budaya yang ada di daerah Tulungagung. - Memelihara budaya gotong royong dalam setiap kegiatan sekolah, contoh : melaksanakan kegiatan Jum’at bersih, setiap kegiatan sekolah melibatkan guru dan murid berpartisipasi aktif
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post