NIKMATUL BADRIYAH

Nama saya Nikmatul Badriyah.Saya sangat bersyukur kepada Alloh, almarhum kedua orangtua saya memberi nama tersebut, yang tentunya punya arti yang baik. Sat...

Selengkapnya
Navigasi Web
ARTIKEL REFLEKSI AKSI NYATA 3.3. Oleh Nikmatul Badriyah, M.Pd CGP Angkatan 4 Kabupaten Tu

ARTIKEL REFLEKSI AKSI NYATA 3.3. Oleh Nikmatul Badriyah, M.Pd CGP Angkatan 4 Kabupaten Tu

ARTIKEL REFLEKSI AKSI NYATA 3.3.

Oleh: Nikmatul Badriyah, M.Pd

CGP Angkatan 4 Kabupaten Tulungagung.

Pada refleksi aksi nyata modul 3.3.a.10 ini saya akan menuliskan apa yang telah saya lakukan selama melakukan aksi nyata, hal apa yang menarik yang saya temui, dan rencana selanjutnya yang akan saya lakukan pada tahap selanjutnya. Artikel refleksi ini saya tulis menggunakan model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway.

1. FACT Program literasi adalah merupakan salah satu bagian penting yang harus di miliki siswa. Sebagian proses pendidikan bergantung pada kemampuan dan kesadaran literasi ,kemampuan literasi meliputi seluruh keterampilan berbahasa yaitu menyimak berbicara, membaca, dan menulis sehingga dalam program literasi membaca ini sesuai 2 karakteristik dari 7 lingkungan yaitu Lingkungan yang mengembangkan ketrampilan berinteraksi sosial secara positif, aktif dan bijaksana serta lingkungan yang menumbuh kembangkan kepemimpinan murid yaitu lingkungan yang melatih keterampilan yang di butuhkan murid dalam proses pencapaian tujuan akademik dan non akademik. Pembelajaran yang saya dapat dari Program ACIL ( Aku Cinta Literasi) adalah mengembangkan kecintaanya terhadap membaca dan mewujudkan ide/gagasan/karya literasi yang ada pada diri peserta didik sehingga berdampak bukan saja pada non akademik tetapi juga pencapaian akademik mereka.Program ini juga mengembangkan ketrampilan yang ada pada diri murid untuk berinteraksi sosial dengan teman-teman yang sekelas, yang berbeda kelas, serta orang lain di luar sekolah( masyarakat luas) secara arif dan bijaksana 2. FEELINGS Perasaan saat merencanakan aksi nyata program yang berdampak pada murid ini adalah merasa tertantang karena program ini harus menekankan pada aspek dampak langsung pada diri siswa misalnya kepedulian aspek lain, literasi, keimanan, kedispilinan,dan aspek lainnya yaitu kemampuan kepemimpinan bisa menjadi bekal siswa untuk kehidupan yang lebih baik sebagai individu maupun anggota masyarakat.Saya merasa sangat senang serta bahagia ketika program ACIL ( Aku Cinta Literasi ) dapat terselenggara di sekolah saya. Dengan adanya program ini tentunya membangun ekosistem yang dapat merangsang kreativitas untuk menunjang keberhasilan tujuan pendidikan yaitu untuk mengimplementasikan tujuan pendidikan pelajar Pancasila sesuai dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara. 3. FINDINGS Pembelajaran yang saya peroleh pada kegiatan ini mengajarkan saya banyak hal,antara lain mengajarkan saya bagaimana seorang guru mampu menyusun dan mengelola program yang berdampak pada murid. Rencana program yang sesuai dengan Visi dan Misi sekolahh, kemudian diterapkan dalam praktek dan perubahan nyata di sekolah,dengan memanfaatkan segala aset yang dimiliki sekolah dan dalam pelaksanaanya menerapkan tahapan bagja. Melalui kegiatan ini membuat murid memiliki kepemimpinan dalam proses belajarnya serta nampaknya praktek penerapan dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam diri murid yang merupakan proses pembelajaran yang sangat berharga untuk saya sebagai seorang pemimpin pembelajaran. Hubungan kemitraan antara guru dan murid menjadikan proses kegiatan belajar mengajar ini menjadi lebih bermakna, karena murid mampu mengembangkan kreatifitas dan tanggungjawabnya dalam program ACIL (Aku Cinta Litersi) ini. 4. FUTURE Aksi dan tindakan yang akan saya lakukan setelah mempelajari materi ini adalah mulai merencanakan dan melaksanakan program yang berdampak pada murid dengan menggali segala aset serta kekuatan yang dimiliki sekolah saya sehingga menjadi program yang berdampak kepada murid. Program lain yang telah direncanakan dan berjalan antara lain :Kegiatan Jum’at bersih dan sholat Dhuha. Semua kegitan ini telah dilaksanakan sepenuhnya oleh siswa, dibimbing, dikoordinasikan dan dievaluasi pelaksanaanya oleh guru serta kepala sekolah. Dalam penerapan kedepan, saya akan mencoba menjalankan program ACIL ( Aku Cinta Literasi) ini secara konsisten dan keberlanjutan sehingga bisa dampak positifnya bisa dirasakan secara nyara serta berkolaborasi dengan teman sejawat serta seluruh warga sekolah untuk menerapkanya di kelas yang lain mulai kelas 1 sampai dengan kelas 6. Sebagai rencana ke depan hasil dari program ini nantinya akan dipublikasikan dalam berbagai kegiatan sekolah serta media dan pameran karya disekolah. Salam Guru Penggerak! Tergerak, Bergerak, Menggerakkan.

Guru Bergerak, Indonesia Maju. https://youtu.be/taD9UWO91no
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yang sangat menarik

01 Jul
Balas

Sangat menginspirasi

02 Oct
Balas



search

New Post