NIKMATUL BADRIYAH

Nama saya Nikmatul Badriyah.Saya sangat bersyukur kepada Alloh, almarhum kedua orangtua saya memberi nama tersebut, yang tentunya punya arti yang baik. Sat...

Selengkapnya
Navigasi Web
JURNAL REFLEKSI MINGGU KE-13 (Modul 2.2 dan 2.3.)

JURNAL REFLEKSI MINGGU KE-13 (Modul 2.2 dan 2.3.)

JURNAL REFLEKSI MINGGU KE-13 (Modul 2.2 dan 2.3.)

Oleh: Nikmatul Badriyah

Sabtu, 19 Maret 2022

CGP Kabupaten Tulungagung-Angkatan 4

Refleksi minggu ke-13 ini saya akan menuliskan apa yang telah saya lakukan selama satu minggu ini, hal apa yang menarik yang saya temui, dan rencana selanjutnya yang akan saya lakukan pada minggu selanjutnya. Jurnal refleksi minggu ini saya menggunakan model 1 yaitu 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway.

1. Facts (peristiwa)

Pada hari ini, Sabtu,19 Maret 2022 saya mulai menulis jurnal refleksi mingguan pada minggu ke 13 di Program Guru Penggerak yang sedang saya jalani.

Minggu ini adalah minggu ke-13 dalam Program Pendidikan Guru Penggerak. Minggu ini adalah tahap akhir pembelajaran Modul 2.2 dan awal pembelajaran modul 2.3. Pada Minggu ke-13 ini, kegiatan pembelajaran pada modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional PSE memasuki tahap akhir. Pada hari senin, 14 Maret 2022, Saya mengikuti kegiatan Elaborasi Pemahaman bersama instruktur(Bapak Agus Sampurno), narasumber, dan teman-teman sesama CGP dari Kabupaten Tulungagung dan Kota Malang pada pukul 15.30-17.00 WIB dengan jumlah peserta total 62 orang. Sebelum masuk room , saya mengerjakan tugas pada modul 2.2 bagian 2.2.a.8. Elaborasi Pemahaman - Pembelajaran Sosial dan Emosional (Pertanyaan).Saya menyampaikan pertanyaan-pertanyaan yang masih saya miliki terkait dengan praktik pembelajaran sosial dan emosional kepada instruktur saya melalui kuesionner .

Susunan acara pada sesi elaborasi pemahaman:

1. Pembuka: 1.Perkenalan dan Pengantar (10’)

2. Kegiatan Inti (40’-50’)

- Pemaparan Konsep kunci

- Simulasi KSE

- Review RPP/Video Penerapan 5 KSE

3. Diskusi/Klarifikasi (10’)

4. Kegiatan Penutup (15’)

5. Refleksi (5’).

Ruang kolaborasi kali ini terasa sangat hidup karena penyampaian materi sangat interaktif, instruktur sering meminta pendapat CGP langsung secara bergantian. Kata Kunci pada Pembelajaran Sosial Emosional, Kesadaran Penuh, 5 KSE Yaitu: Kesadaran diri, Manajemen Diri, KesadaranSosial, Keterampilan Berelasi, Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab, Murid, Well-being.Selain itu Saya juga membuat Koneksi Antar Materi dan rencana Aksi Nyata. Koneksi antar materi yang saya buat berupa infografik dan artikel yang menggambarkan pemahaman pada PSE dan kaitan antara PSE dan pembelajaran berdiferensiasi.

http://nikmatulbadriyah.gurusiana.id/article/2022/03/22a9-koneksi-antar-materi-pembelajaran-sosial-dan-emosional-90948?bima_access_status=valid

https://drive.google.com/drive/u/0/my-drive

Pada rencana aksi nyata, saya telah membuat RPP yang terintegrasi dengan pembelajaran berdiferensiasi dan PSE. Rencananya, RPP ini akan diterapkan pada pembelajaran di kelas pada minggu ke-4 bulan maret 2022. Dalam elaborasi pemahaman, saya memperoleh tambahan informasi dan contoh-contoh yang menguatkan pemahaman pada PSE. Ketika membuat koneksi antar materi, saya membaca kembali materi PSE, mencermati video, tugas ruang kolaborasi, dan RPP yang sudah dibuat, sehingga memperoleh gambaran utuh mengenai PSE dan kaitannya dengan pembelajaran berdiferensiasi. Pada hari Jumat, 18 Maret 2022 sudah mulai memasuki materi pada modul 2.3.Yang pertama kali dibahas adalah 2.3.a.3. Mulai dari Diri - Seberapa Jauh Saya Memahami Konsep Coaching di sekolah? Sebagai seorang guru tentunya saya sering menjumpai banyak kasus atau tantangan yang terkait dengan potensi para murid. Kasus dan tantangan tersebut seringkali menjadi penghambat kemajuan murid dalam mencapai tujuan pembelajaran dan pendidikan seutuhnya di sekolah. Oleh karena itu, respon cepat dari saya sebagai pendidik sebagai pendidik sangat diperlukan. Pada modul coaching ini diawali dengan mengirimkan tanggapan dari kasus-kasus atau situasi yang mungkin terjadi di sekolah yang akan disampaikan pada forum diskusi. Pembelajaran Modul 2.3 Coaching dimulai dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang kasus yang ditemui di sekolah, harapan pada diri, pada siswa, serta kegiatan, materi, dan hasil yag diinginkan. Saya menjawab pertanyaan sesuai dengan pemahaman dan pengalaman saya ketika menghadapi siswa. Tanggapan saya tidak akan dinilai, melainkan digunakan sebagai pijakan para fasilitator untuk mengembangkan modul coaching ini agar sesuai dengan kebutuhan.

2. Feelings (Perasaan)

Perasaan yang saya rasakan pada minggu ini penuh rasa syukur dan bahagia.Pembelajaran minggu ini membuat saya lebih memahami PSE. Pengalaman dari instruktur yang dibagikan kepada CGP membuat saya mendapat inspirasi tentang penerapan KSE di kelas. Saya mendapat inspirasi berupa contoh-contoh yang dapat saya modifikasi dan adaptasi untuk diterapkan. Saya juga mendapat pembelajaran berupa mencoba praktik teknik STOP bersama instruktur selama pembelajaran. Melalui proses pembelajaran ini, saya menyadari bahwa KSE sangat diperlukan oleh guru untuk melakukan berbagai kegiatan dan untuk mengoptimalkan potensi siswa. Penerapan Kompetensi Sosial dan Emosional dalam pembelajaran di kelas merupakan hal baru bagi saya, meskipun untuk saya pribadi, sesekali pernah melakukan teknik STOP untuk meningkatkan kesadaran penuh. Dalam merencanakan aksi nyata di kelas, awalnya saya merasa bingung akan menerapkan KSE yang mana. Untuk menghadapi kebingungan tersebut, saya mengikuti elaborasi pemahaman, membaca beberapa contoh penerapan KSE di kelas, dan berdiskusi dengan rekan CGP. Hal-hal tersebut membuat saya merasa lebih siap, tidak bingung lagi untuk menerapkan KSE di kelas. Saya antusias ketika mengikuti alur pembelajaran di modul PSE, dan bersemangat untuk menerapkan KSE dalam pembelajaran di kelas. Modul 2.3 Coaching merupakan hal menarik bagi saya, dan saya akan mempelajarinya dengan baik, memanfaatkan berbagai media yang ada.

3. Findings (Pelajaran)

Pelajaran yang saya dapatkan minggu ini adalah:

Dengan mempelajari modul PSE, saya dapat mengenali perasaan, mengelola diri, memahami orang lain, membangun komunikasi, dan mengambil keputusan dengan lebih baik. Sehingga, saya akan mampu melaksanakan pembelajaran, kegiatan sekolah, kegiatan di masyarakat, dan di keluarga dengan lebih baik, responsive, dan bertanggung jawab. Saya juga bisa membelajarkan siswa 5 KSE melalui integrasi dalam pembelajaran, membelajarkan secara eksplisit, menata kebijakan sekolah, dan mempengaruhi pola pikir siswa. Melalui penerapan KSE, saya yakin siswa akan menjadi orang yang mampu menghadapi masalah, menemukan solusi atas masalahnya, dan menjadi orang yang berkarakter baik.

4. Future (Penerapan)

Yang akan saya lakukan adalah berusaha untuk menerapkan pembelajarkan siswa 5 KSE melalui integrasi dalam pembelajaran.

Demikian Jurnal Refleksi Minggu Ke-13 Calon Guru Penggerak, semoga bermanfaat.Salam dan Bahagia.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post