NIKMATUL BADRIYAH

Nama saya Nikmatul Badriyah.Saya sangat bersyukur kepada Alloh, almarhum kedua orangtua saya memberi nama tersebut, yang tentunya punya arti yang baik. Sat...

Selengkapnya
Navigasi Web
JURNAL REFLEKSI MINGGU KE-16 (Modul 2.3. dan 3.1. )

JURNAL REFLEKSI MINGGU KE-16 (Modul 2.3. dan 3.1. )

JURNAL REFLEKSI MINGGU KE-16 (Modul 2.3. dan 3.1. )

Oleh: Nikmatul Badriyah

Sabtu, 9 April 2022

CGP Kabupaten Tulungagung-Angkatan 4

 

Pada akhir modul 2.3.dan awal modul 3 ini, saya merefleksikan hasil dari kegiatan yang saya ikuti di LMS ini dalam bentuk jurnal refleksi. Jurnal Refleksi Minggu ke-16 ini membahas materi pada Modul 2.2 dan 3.1.mengenai Coaching dan Pengambilan Keputusan sebagai peminpin pembelajaran. Jurnal refleksi ini saya tulis sebagai media untuk mendokumentasikan perasaan, gagasan dan pengalaman serta praktik baik yang telah saya dilakukan. Model refleksi yang saya pakai adalah Model 1: 4F (Facts, Feelings, Findings, Future)

 

Di minggu ke-16 saya akan coba merefleksi pembelajaran dan aktivitas pembelajaran yang telah dilakukan di Learning Management System (LMS). Di minggu ini ada beberapa aktivitas pembelajaran yaitu diawali dengan membuat koneksi antar materi moodul 2.3, rancanga aksi nyata 2.3, test akhir modul 2.3 serta  Test Awal Paket  Modul 3,dilanjutkan aktivitas pembelajaran di LMS dimulai dengan 3.1.a .3.Mulai dari diri, 3.1.a.4.Eksplorasi konsep.

1. Facts (Peristiwa)

 

Aktivitas pertama yaitu membuat koneksi antar materi moodul 2.3. Pada koneksi antar materi saya membuat komik sederhana, infografis, dan sebuah artikel sederhana yang dimuat di salah satu  media online  http://nikmatulbadriyah.gurusiana.id/article/2022/04/koneksi-antar-materi-modul-23a9-coaching-1242472, rancanga aksi nyata 2.3,

http://nikmatulbadriyah.gurusiana.id/article/2022/04/rancangan-aksi-nyata-modul-23a10coaching-4913216?bima_access_status=valid

Pada minggu ini saya juga melaksanakan Test Akhir Paket  Modul 2 serta Test Awal Paket  Modul 3,dilanjutkan aktivitas pembelajaran di LMS dimulai dengan 3.1.a .3.Mulai dari diri, 3.1.a.3.Eksplorasi konsep,.

2. Feelings (Perasaan)

Saya antusias serta semangat mengikuti aktivitas pembelajaran di minggu ke-16. Pada modul 2.3. ini, Saya membuat koneksi antar materi, disini saya menyimpulkan dan menjelaskan keterkaitan materi yang saya peroleh dan membuat refleksi berdasarkan pemahaman yang dibangun selama modul 2 dalam berbagai media..Pada rancangan aksi nyata saya membuat rencana tindakan aksi nyata praktik coaching bersama rekan sejawat.Dilanjutkan pada modul 3.1.bagian 3.1.a .3.mulai diri dan 3.1.a.4.eksplorasi konsep.

3. Findings (Pembelajaran)

Informasi, pengetahuan dan pengalaman baru pada modul 2.3. koneksi antar materi, disini saya menyimpulkan dan menjelaskan keterkaitan materi yang saya peroleh dan membuat refleksi berdasarkan pemahaman yang dibangun selama modul 2 dalam berbagai media. Pada fase ini saya diajak untuk meninjau ulang keseluruhan materi pembelajaran di Modul 2: Pembelajaran yang berpihak pada murid dan membuat sebuah koneksi antar materi belajar yang sudah saya lakukan.Pada rancangan aksi nyata saya membuat rencana tindakan aksi nyata praktik coaching bersama rekan sejawat .Pada modul 3.1.bagian 3.1.a .3.mulai diri dan 3.1.a.4.eksplorasi konsep.Mulai dari diri kegiatan bertujuan untuk mengaktifkan pengetahuan awal (prior knowledge) tentang proses pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran yang berada di antara berbagai pemangku kepentingan, di antaranya murid, orang tua murid, guru, yayasan dan pihak komunitas sekolah. Pada bagian 3.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Nilai-nilai Kebajikan Universal, tujuan kegiatan ini saya belajar untuk dapat mengidentifikasi dan memahami prinsip-prinsip etika yang berdasarkan pada nilai-nilai kebajikan universal yang disepakati dalam lingkungan pribadi maupun kerjanya, mengaitkan nilai-nilai kebajikan yang disepakati dan diyakini dalam proses pengambilan keputusan dilema etika, bersikap reflektif, kritis, dan terbuka dalam menganalisis nilai-nilai kebajikan yang terkandung dalam sebuah pengambilan keputusan dilema etika.

 

4. Future (Penerapan)

 

Disini saya sebagai seorang guru tentunya sering menjumpai banyak kasus atau tantangan yang terkait dengan potensi para murid. Kasus dan tantangan tersebut seringkali menjadi penghambat kemajuan murid dalam mencapai tujuan pembelajaran dan pendidikan seutuhnya di sekolah. Oleh karena itu, respon cepat dari saya sebagai pendidik sangat diperlukan. Dengan materi coaching pada modul ini harapan saya bisa mrnyerap ilmunya serta menerapkan coaching untuk membantu mengatasi kasus atau tantangan tersebut . Selain itu, Saya coba untuk sharing kepada rekan sejawat tentang coaching dengan harapan  kami semua menjadi lebih siap dan punya bekal untuk mengatasi kasus dan tantangan tersebut

 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post