NIKMATUL BADRIYAH

Nama saya Nikmatul Badriyah.Saya sangat bersyukur kepada Alloh, almarhum kedua orangtua saya memberi nama tersebut, yang tentunya punya arti yang baik. Sat...

Selengkapnya
Navigasi Web

JURNAL REFLEKSI MINGGU KE-19 (Modul 3.1.)

JURNAL REFLEKSI MINGGU KE-19 (Modul 3.1.)

Oleh: Nikmatul Badriyah, M.Pd.

Sabtu, 30 April 2022

CGP Kabupaten Tulungagung-Angkatan 4

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran Pendidikan Guru Penggerak pada minggu ke -19,yang dimulai pada hari Senin,25 April 2022 sampai dengan hari Selasa, 26 April 2022 yaitu modul 3.1. Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran, saya merefleksikan hasil dari kegiatan yang saya ikuti di LMS ini dalam bentuk jurnal refleksi. Jurnal refleksi ini saya tulis sebagai media untuk mendokumentasikan perasaan, gagasan dan pengalaman serta praktik baik yang telah saya dilakukan. Model refleksi yang saya gunakan pada minggu ke-19 ini saya susun dengan model 4F, yaitu sebagai berikut.

Fact

Kegiatan pembelajaran minggu ini diawali dengan refleksi terbimbing modul 3.1,yaitu melakukan refleksi berdasarkan kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan dengan menjawab beberapa pertanyaan pemandu tentang sejauh mana pemahaman saya tentang konsep-konsep yang telah saya pelajari di modul ini, yaitu: dilema etika dan bujukan moral, 4 paradigma pengambilan keputusan, 3 prinsip pengambilan keputusan, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan, Sebelum mempelajari modul ini, pernahkah saya menerapkan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran dalam situasi moral dilema, Bagaimana dampak mempelajari materi ini buat saya, perubahan apa yang terjadi pada cara saya dalam mengambil keputusan sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran modul ini, Seberapa penting mempelajari topik modul ini bagi saya sebagai seorang individu dan saya sebagai seorang pemimpin pembelajaran serta Apa yang saya bisa lakukan untuk membuat dampak/perbedaan di lingkungan saya setelah saya mempelajari modul ini. Pada demonstrasi kontekstual, saya diminta membumikan pemahaman mengenai Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran di lingkungan tempat kerja. Sesi Elaborasi pemahaman bersama instruktur Fathuddin Muchtar merupakan pembelajaran terakhir minggu ini.

Feelings

Perasaan saya selama pembelajaran berlangsung tentu saja saya merasa bahagia, bersemangat dan antusias mengikuti setiap tahap pembelajaran di setiap sesi. Perasaan bahagia muncul karena memperoleh materi baru pada modul yang terakhir yang tentunya bermanfaat bagi saya nantinya, semangat muncul karena saya ingin tahu lebih jauh tentang pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran. Hal ini membuat saya antusias mengikuti pembelajaran pada tiap sesi. Saya tertarik untuk menganalisis kasus/situasi yang saya maupun orang lain hadapi berdasarkan 4 paradigma dilema etika, 3 prinsip penyelesaian dilema, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan sehingga keputusan yang diambil tepat. Saya merasa bersyukur karena telah sampai pada pembelajaran modul 3 ini.

Findings

Pembelajaran materi tentang pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran yang saya ikuti memberikan banyak pengetahuan, pemahaman, dan pengalaman dalam menghadapi situasi yang mengandung dilema etika, kemudian mengambil keputusan yang tepat. Sebuah keputusan yang tepat akan menerapkan nilai-nilai kebajikan universal, berdampak jangka panjang, dan dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu, saya juga memperoleh pengalaman menerapkan 4 paradigma dilema etika, 3 prinsip penyelesaian dilema, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Pengalaman ini sangat penting sebagai pijakan dalam menjalankan kegiatan sebagai guru maupun sebagai anggota masyarakat.

Langkah yang akan saya ambil ke depan dalam menghadapi situasi/kasus yang mengandung dilema etika adalah dengan menerapkan 4 paradigma dilema etika, 3 prinsip penyelesaian dilema, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Dalam penerapannya di kelas dan sekolah, saya akan melibatkan beberapa pihak seperti kepala sekolah, rekan sejawat, dan rekan CGP, serta komunitas praktisi untuk memberi umpan balik terhadap pengambilan keputusan yang saya lakukan. Kepala sekolah, rekan sejawat, serta komunitas praktisi dan rekan CGP saya libatkan karena mereka memiliki pengetahuan dan pengalaman menyelesaiakan berbagai persoalan. Mengacupada umpan balik yang telah diberikan, saya dapat mengetahui sejauh mana hasil dari pengambilan keputusan yang saya lakukan tersebut sudah tepat/efektif ataukah belum.

Demikian Jurnal Refleksi Minggu Ke-19, semoga bermanfaat.

Salam Guru Penggerak,

Tergerak, Bergerak, Menggerakan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post