NIKMATUL BADRIYAH

Nama saya Nikmatul Badriyah.Saya sangat bersyukur kepada Alloh, almarhum kedua orangtua saya memberi nama tersebut, yang tentunya punya arti yang baik. Sat...

Selengkapnya
Navigasi Web
LAPORAN HASIL AKSI NYATA  MODUL 1.4. BUDAYA POSITIF- KEBERSIHAN LINGKUNGAN  KELAS DAN SEKO
BUDAYA POSITIF- KEBERSIHAN LINGKUNGAN KELAS DAN SEKOLAH

LAPORAN HASIL AKSI NYATA MODUL 1.4. BUDAYA POSITIF- KEBERSIHAN LINGKUNGAN KELAS DAN SEKO

LAPORAN HASIL AKSI NYATA

MODUL 1.4. BUDAYA POSITIF- KEBERSIHAN LINGKUNGAN

KELAS DAN SEKOLAH

                  

                                    PGP – Angkatan 4-Kab. Tulungagung

                        Nikmatul Badriyah, M.Pd

Guru SDN 2   Bendiljati Kulon

 

I.LATAR BELAKANG

Budaya positif adalah kayakinan dan nilai yang disepakati yang menjadi kebiasaan bersama yang akan dilakukan dalam waktu lama. Menerapkan budaya positif dapat meningkatkan kesadaran siswa dalam membentuk karakter positif. Budaya positif dapat dibuat melalui keyakinan antara guru dan siswa, agar siswa merasa terlibat dan bertanggungjawab dalam menjalanankan disiplin tersebut. Budaya Positif di Sekolah memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh guru dan murid, diantaranya:

1.Membangun hubungan kerjasama antara murid, gurudan orag tua

2.Menumbuhkan kesadaran dalam melakukan hal- hal yang baik

3.Murid terbiasa dengan pola hidup teratur

4.Menciptakan kepercayaan diri dan tanggung jawab

5.Membangun karakteristik siswa, mengembangkan kegotongroyongan dan kerjasama antara guru, murid  dan orang tua

6.Menumbuh kembangkan motivasi instrinsik anak

7.Membangun hubungan social yang bagus antar warga sekolah

8.Menumbuhkan rasa aman dan nyaman

9.Menumbuhkan kesadaran dari diri murid terhadap budaya positif

Di era pandemi sepeti sekarang ini, kebersihan lingkungan sekolah merupakan hal yang sangat urgent karena untuk memastikan anak-anak didik kita  tidak tertular penyakit yang diakibatkan oleh virus corona. Murid-murid juga harus diberikan wawasan untuk     menjaga kebersihan diri baik dirumahnya sendiri maupun lingkungan sekolah agar kondisi fisik dan mentalnya tetap terjaga dengan baik. Kebersihan lingkungan kelas dan sekolah adalah bagian dari keyakinan kelas, dimana hal tersebut adalah budaya positip yang harus dijalankan dan selalu ditingkatkan. Aksi nyata-budaya positip yang dilakukan oleh calon guru penggerak adalah Kebersihan tempat tinggal dan lingkungan sekolah karena proses kegiatan pembelajaran dan penilaian akhir semester I ( PAS I) telah selesai sehingga calon guru penggerak melakukan aksi nyata yang sudah dilakukan disepakai oleh murid dan guru beserta seluruh warga sekolah.

 

II.TUJUAN AKSI NYATA

Adapaun tujuan aksi nyata yang dilakukan calon guru penggerak yaitu:

1.    Kebersihan lingkungan adalah bagian dari keyakinan kelas yang wajib    dijalankan dan diterapkan oleh murid dan guru

2.    Melatih kedisiplinan dan tanggung jawab siswa untuk senantiasa melakukan budaya positip yaitu kebersihan lingkungan

3.    Agar murid, guru, dan seluruh warga sekolah mencintai lingkungan yang bersih dan indah sehingga menimbulkan suasana sekolah yang menyenangkan dan sehat

4.    Agar menimbulkan semangat belajar murid dan terbiasa pola hidup bersih

III.DESKRIPSI  AKSI  NYATA

Disini saya sebagai Calon guru penggerak( CGP) melihat situasi dan kondisi keadaan sekolah saat ini masih kondisi  pandemi dan jadwal aksi nyata modul 1.4 bertepatan dengan berakhirnya pembelajaran di semester I sehingga keyakinan kelas yang dilaksakan menggunakan metode tatap muka sebagian dan via Wa grup kelas, kemudian calon guru penggerak mengambil satu poin keyakinan kelas yang dapat dilakukan saat ini adalah kebersihan lingkungan kelas dan sekolah melalui analisis Inkuiry apresiatif model bagja. Adapun langkah-langkah aksi nyata yang dilakukan :

1.    Meminta izin dengan kepala sekolah

2.    Berkomunikasi dengan murid untuk hadir kesekolah berdasarkan jadwal piket kelas dan melakukan kegiatan kebersihan kelas

3.    Bekerjasama dengan seluruh warga sekolah untuk kebersihan  lingkungan sekolah

 

IV.TOLOK UKUR KEBERHASILAN:

1.    Murid selalu menjalankan keyakinan kelas setiap minggunya seminggu 1 kali sesuai jadwal yang ditetapkan dan setiap hari jumat melaksanakan jumat bersih secara bersama yang dilaksanakan olen seluruh warga sekolah.

2.    Lingkungan kelas dan lingkungan sekolah terasa nyaman, serta tampak bersih dan rapi

3.    Terjalin komunikasi aktif dan efektif antaraguru,murid,seluruhwargasekolah

 

V.TANTANGAN KEGIATAN

1.    Jumlah rekan kerja yang membantu kegiatan aksi nyata sedikit karena jumlah tendik beserta Kepala Sekolah hanya 9 orang, serta adanya aturan seluruh instansi baik ASN dan Non ASN melakukan WFH atau bekerja dari rumah sebagian , namun sekolah melakukan kebijakan tetap melaksanakan piket guru dengan jadwal yang ditentukan sehingga jumlah guru yang hadir setiap harinya terbatas, dan calon guru penggerak berkolaborasi dengan rekan sejawat yang piket pada hari tersebut saja.

2.    Tantangan  lain di hadapi dalam penerapan keyakinan kelas adalah ada beberapa siswa yang belum komitmen dalam menjalankan keyakinan kelas.

 

VI.PROGRAM TINDAK LANJUT

Calon guru penggerak akan membuat keyakinan kelas bersama murid yang baru disemester depan ditahun ajaran baru 2021-2022, dan didiskusikan baik via daring maupun tatap muka dan berkolaborasi bersama rekan teman sejawat agar poin-poin keyakinan kelas yang dibuat mendukung program, visi dan misi sekolah serta khususnya visi murid impian.

 

 

 

 

 

 

 

 

VII.HASIL AKSI NYATA ( DOKUMEN FOTO)

Berkoordinasi dengan kepala sekolah dan meminta izin melakukan aksi nyata

 

 

2.

 

 

1.                   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Membuatkeyakinankelas

2.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengkoordinirdanmengawasimuriddalammenjalankanpoinkeyakinan kelasyaitukebersihankelas

3.

 

 

 

 

 

Kegiatan kebersihan  di lingkungan sekolah bersama         seluruh warga sekolah

4.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pemberian Tugas pada murid mengirimkan pembiasaan kebersihan di rumahsecara  daring

5.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

AKSI NYATA:

 

1.https://drive.google.com/file/d/1MFM5uS6bhw2Wi1_Rr9LdXXT6l0bkdOVh/view?usp=sharing

2.https://docs.google.com/document/d/1AC1eN0cbY_yi_OD74Rvod6cNhPtiERoc/edit?usp=sharing&ouid=115596381979344039885&rtpof=true&sd=true

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren menewen ulasannya mbak. Sukses selalu

07 Feb
Balas

trm ksh,,salam literasi..

13 Feb
Balas



search

New Post