Nina Nurlinda

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Siswa Jaman Now vs Siswa Jaman old

Saya, Nina Nurlinda. Guru di SDN Larangan Luar 3 kecamatan Larangan Pamekasan. Diminta menuliskan uneg uneg selama menjadi guru di kota tercinta ini, tiba tiba saja saya mengingat kembali perbincangan disela jam istirahat kemarin bersama teman guru . kami secara insidental membicarakan tentang perbedaan sikap dan tingkah laku siswa masa kini dan siswa pada jaman dulu, setelah ada seorang anak masuk ke ruang guru dengan mengucap salam dan berbicara dengan sopan. Sontak kami membandingkan dengan siswa yang sebelumnya tiba tiba menyelonong masuk tanpa salam.

Berbicara tentang siswa sekarang dan siswa jaman dulu, saya mengklasifikasi bahwa siswa jaman dulu mungkin di era 90 kebawah dan siswa sekarang mulai akhir 90 an samai sekarang baik dari siswa SD, SMP dan SMA. Apa yang berbeda dari mereka? Ya, menurut saya lebih pada attitude mereka. Mungkin tidak sedikit dari para guru yang lain juga merasakan dan melihat perbedaan ini.

Sebagai seorang guru yang meskipun tergolong masih termasuk guru muda,saya merasakan dan melihat secara langsung perbedaan siswa dulu dan siswa sekarang sangatlah berbeda. Saya amati tingkah laku siswa saat ini cenderung berani dan bahkan kurang menghormati guru. Sekalipun tidak semua, tetapi mayoritas jika dibandingkan dengan siswa pada jaman dulu, siswa sekarang bahkan tidak malu dan tidak merasa bersalah saat mereka tidak mengerjakan PR. Saat diberi nasihat atau peringatan bahkan tidak jarang siswa sekarang malah seakan akan menantang.

Siswa dulu atau yang biasa saya sebut dengan siswa jaman old, lebih mengedepankan tatakrama. Sekalipun mereka tidak pandai tetapi sungguh,,, akhlak mereka, tatakrama mereka, kepatuhan dan rasa hormat mereka terhadap guru sangat patut di acungi jempol. Dan mereka sangat menerima dengan baik nasihat serta peringatan dari guru saat mereka melakukan kesalahan dan cenderung menyadari kesalahan. Mereka menganggap hukuman adalah pelajaran dan konsekwensi dari sebuah kesalahan.tapi tidak dengan siswa sekarang, jangan sampai guru menghukum siswa. Bisa jadi guru diperkarakan dan masuk penjara.

Benar, siswa sekarang lebih cepat menangkap informasi, dan lebih cepat paham karena arus informasi dan tekhnologi yang mempengaruhi pemikiran para siswa jaman now. Akan tetapi jika guru dan orang tua tidak bekerjasama dan ikut andil dalam menyaring arus dari kemajuan IPTEK saat ini, bisa jadi anak anak didik kita akan menjadi siswa pandai tapi less and low attitudenya.

Banyak hal yang mungkin mempengaruhi kondisi siswa. Saya tidak serta merta menyalahkan satu pihak khusunya siswa. Selain dari kemajuan IPTEK, beberapa hal yang mungkin mempengaruhi keadaan siswa seperti sekarang antara lain ; keihlasan guru mulai luntur,kurangnya sifat keteladanan pada guru, guru takut pada hukum sehingga cenderung membiarkan saja ketika siswanya salah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post