Nina Nursuhaniah

Mother, teacher, books lover, moviegoer, and traveller wanna be.... ...

Selengkapnya
Navigasi Web
ASSESSMENT SAMBIL WISUDA

ASSESSMENT SAMBIL WISUDA

Surat pemberitahuan untuk mengikuti pelaksanaan Assessment Potensi dan Kompetensi di Lingkungan Pemprov Jabar Tahun 2023 dibagikan temanku di Grup ASN sekolah, seminggu sebelum pelaksanaan Wisuda. Temanku memberitahu jika ada namaku tertera pada jadwal tes assessment yang berbarengan dengan tanggal wisuda. Setelah dicek, ternyata benar.

Aku sempat bingung, galau, takt ahu harus memilih yang mana. Apakah harus mengikuti assessment atau mengikuti wisuda. Padahal pada kegiatan wisuda tahun ini, aku bertugas sebagai Ketua Pelaksana. Teman-teman berujar, “masa ketuanya tidak hadir!” Setelah meminta saran pada suami dan juga teman-teman, akhirnya aku memutuskan untuk bertanya ke KCD Wil VI (Kantor Cabang Dinas Wilayah ). Ternyata petugas dari KCD menyarankan agar aku langsung menghubungi narahubung petugas BKD (Badan Kepegawaian Daerah) provinsi yang tertera dalam surat pemberitahuan.

Aku pun segera menghubunginya untuk bertanya apakah bisa dijadwalkan ulang untuk mengikuti assessment ke tanggal sebelum wisuda, yaitu 15 atau 16 Mei 2023. Tak lupa aku sertakan SK Wisuda yang menginformasikan jobdes bagianku. Tak berapa lama aku menerima jawaban dari BKD.

“Ibu, mohon maaf, setelah kami melakukan koordinasi, untuk saat ini, belum memungkinkan untuk dilakukan perubahan jadwal. Silahkan mengikuti asesmen pemetaan potensi dan kompetensi sesuai jadwal yang telah ditentukan. Jika benar2 tidak memungkinkan untuk mengikuti asesmen pada jadwal tersebut, silahkan menunggu informasi dan surat untuk mengikuti asesmen pemetaan potensi dan kompetensi pada jadwal berikutnya.”

Isi chat-nya membuatku makin galau, hehe. Aku pun berikhtiar lagi. Selanjutnya aku meminta Bapak Kepala Sekolah mengirim WA untuk meminta penjadwalan ulang disertai dengan surat permohonan. Siapa tahu jika Kepala Sekolah yang meminta akan BKD setujui. Sayangnya, jawaban dari BKD tetap saya. Isi balasan WA-nya sama persis dengan jawaban yang dikirimkan kepadaku. Akhirnya aku pun sedikit hopeless. Aku serahkan semuanya kepada Allah, untuk dimudahkan segalanya.

Berita gembira akhirnya dating dari rekan-rekan yang sudah mengikuti assessment lebih dulu. Mereka mengatakan jika soal assessment hanya 30 soal. Alhamdulillah, akhirnya Allah menjawab doaku. Ternyata ada peluang bagiku untuk mengikuti Wisuda. Sebelumnya aku menyangka jika assessment sekarang sama dengan tahun lalu yang berlangsung selama 4-5 jam. Ternyata yang sekarang sangat berbeda karena soalnya hanya tentang Work Situational dengan waktu 90 menit. Setelah berdiskusi dengan suami, akhirnya aku dan kedua rekanku yang sama-sama Panitia Wisuda, memutuskan untuk mengikuti assessment di gedung tempat dilaksanakannya wisuda. Alhamdulillah ada ruangan yang representatif.

Di sela-sela assessment, aku pun masih sempat menyampaikan laporan Ketua Pelaksana di podium. Dengan sedikit ngos-ngosan, aku sampaikan laporan kegiatan pelaksanaan wisuda tahun 2023 di atas podium. Dengan bangga aku sampaikan laporan disaksikan oleh para orang tua, tamu undangan, segenap civitas akademika SMAN 1 Mande dan 307 peserta didik, yang hari ini akan diserahkan kembali kepada orang tua secara simbolis.

Setelah menyampaikan laporan kegiatan, dengan sedikit berlari aku kembali ke ruangan belakang gedung untuk menyelesaikan assessment. Alhamdulillah aku dapat melaksanakan kewajibanku sebagai abdi negara yaitu mengikuti assessment sekaligus menunaikan kewajiban dan tanggung jawabku sebagai Ketua Pelaksana Wisuda. Alhamdulillah assessment berjalan dengan sangat lancar. Adapun segala kekurangannya baik pelaksanaan wisuda maupun assessment, aku anggap bagian berharga dari perjalananku sebagai umat-Nya. Akan aku jadikan pelajaran untuk perjalanan di masa depan. Sampai jumpa di wisuda tahun depan.

***RN***

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren menewen ulasannya Mbak. Sukses selalu

19 May
Balas

Terima kasih. Salam literasi

21 May

Mantap

18 May
Balas

Terima kasih. Salam literasi

18 May

Salam literasi

20 May
Balas



search

New Post