Nina Nursuhaniah

Mother, teacher, books lover, moviegoer, and traveller wanna be.... ...

Selengkapnya
Navigasi Web
JALAN-JALAN TANPA MACET, SIAPA YANG MAU?

JALAN-JALAN TANPA MACET, SIAPA YANG MAU?

Lebaran tanpa liburan terasa kurang afdol. Biasanya, tiga hari setelah lebaran, masyarakat akan segera berbondong-bondong ke tempat wisata untuk rekreasi atau liburan. Tempat wisata yang murah meriah, ramah keluarga, yang menawarkan suasana alam hingga yang berbentuk taman permainan biasanya akan menjadi incaran warga. Pantai, kolam berenang, air terjun, biasanya akan dipilih karena alasan di atas. Biasanya warga akan menghabiskan sisa libur cuti bersama untuk refreshing atau sekedar jalan-jalan menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta sebelum kembali ke ke tempat asal dan rutinitas pekerjaan.

Jalanan yang macet tentu tak jadi masalah asalkan bisa sampai ke tempat wisata yang diimpikan. Menyimak status WhatsApp rekan-rekan serta berbagai video di sosial media, banyak tempat wisata yang melebihi daya tampung. Perjalanan menuju ke tempat wisatanya pun perlu perjungan panjang karena sangat macet. Nah, jika anda tipe yang malas berwisata karena macet dan terlalu crowded, anda tidak boleh berkecil hati apalagi sedih berkepanjangan. Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap berwisata. Kok bisa? Caranya bagaimana?

Pertama, anda bisa membaca buku-buku traveling. Dalam buku traveling, biasanya penulis akan memberikan informasi yang detail tentang tempat-tempat wisata yang menarik dan iconic di suatu daerah atau negara. Tak lupa, si penulis akan menjelaskan dengan gamblang bagaimana caranya pergi ke tempat wisata tersebut disertai harga tiket dan apa saja yang harus dipersiapkan jika kita mau mengunjungi tempat wisata tersebut. Yang jelas, pasti disertai dengan foto-fotonya yang menarik. Dari membaca buku traveling tersebut, siapa tahu anda langsung memasukkannya ke dalam bucket list liburan yang akan datang. Sttt, minggu depan masih ada long weekend lho, buat liburan!

Kedua, anda bisa mengakses Youtube. Ada banyak video keren yang menyuguhkan wisata lokal maupun internasional. Ada banyak Youtuber yang kontennya hanya mengulas tempat wisata. Tinggal ketik tempat wisata impian anda di kolom pencarian, maka ratusan video yang sesuai dengan keyword atau kata kunci yang anda ketik akan muncul di hadapan anda. Tinggal pilih deh, video mana yang paling menarik atau video tempat wisata yang jadi incaran anda.

Ketiga, anda bisa melihat foto-foto tempat wisata. Anda tinggal mengetik tempat wisata yang ingin anda kunjungi di kolom pencarian Google, lalu klik gambar. Taraa... foto-foto wisata impian anda langsung ada di hadapan anda dalam hitungan detik. Ada banyak foto-foto yang keren nan memukau yang bertebaran di dunia maya. Anda pasti akan makin anteng karena melihat foto-foto tempat wisata impian anda.

Keempat, anda bisa jalan-jalan melalui virtual tour. Kemdikbud menawarkan beberapa museum yang siap dikunjungi secara virtual oleh masyarakat. Pemerintah sangat paham jika tak semua warganya dapat berjalan-jalan atau liburan langsung ke tempat tersebut. Saya pernah jalan-jalan di Museum Nasional Indonesia, Museum Maritim, dan Museum Bank Indonesia lewat virtual tour. Sangat seru dan ampuh untuk mengatasi sisa cuti di rumah.

Kelima, anda bisa mengakses langsung website resmi tempat wisata impian anda. Di website tersebut, biasanya disajikan informasi lengkap tentang tempat wisata tersebut. Mulai dari lokasi, hal menarik di tempat tersebut, harga tiket dan jam operasional. Foto-foto yang menarik akan disertakan oleh pihak pengelola demi menarik rasa penasaran pengunjung website. Jika anda tidak bisa mengakses website resminya, maka akan ada website atau blog wisata yang akan mengulasnya. Anda tinggal mengetik nama tempat wisata yang anda mau kunjungi, tambahkan www di depannya. Atau ketik saja langsung tempat wisata yang anda maksud. Maka akan bermunculan website yang menawarkan informasi tentang tempat wisata yang anda maksud. Biasanya alamat website tersebut diselipi kata ‘wisata’ di dalamnya.

Nah, semoga cara di atas masih bisa anda lakukan walaupun belum bisa berwisata atau liburan langsung. Selamat mencoba. Selamat jalan-jalan yang murah meriah tanpa bermacet-macet di jalan. Selamat Lebaran 1443 H.

***RN***

#Remake artikel tahun 2021

Note: Link virtual tour yang bisa anda coba

http://idvr360.com/vr360/museum/mbi/mbi.html

http://meseumnasional.indonesiaheritage.org/

http://maritimemuseum.id/

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post