Nina Nursuhaniah

Mother, teacher, books lover, moviegoer, and traveller wanna be.... ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tantangan Baru

Tantangan Baru

Hari ini merupakan dimulainya tahun ajaran baru di lingkungan dinas pendidikan Jawa Barat. Hari dimulainya perjuangan dan tantangan baru. Menurut kalender penddidikan dan Nota Dinas dengan nomor 18601/PK.03.01-PKLK maka kegiatan tahun ajaran baru dimulai dengan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) bagi peserta didik yang sudah dinyatakan lulus pada PPDB 2023-2024 baik pada Tahap 1 maupun Tahap 2. Kegiatan PLS akan dilaksanakan dari tanggal 17, 18, dan 20 Juli 2023.

Sebetulnya saya sendiri tidak benar-benar libur karena sesungguhnya yang libur hanya peserta didik. Setelah dihantam oleh kegiatan yang sangat padat seperti PPDB, Worhshop, Rapat-rapat, dsb maka tiba juga di awal tahun ajaran. Semuanya bersiap, semuanya bersemangat, semuanya antusias menyambut datangnya tahun ajaran baru. Welcome back to school. InsyaAllah semuanya lebih baik, produktif, dan bermanfaat bagi sesama.

Menyiapkan PLS ternyata sangat menguras tenaga. Datangnya Buku Panduan di last minute membuat jadwal kegiatan yang sudah disusun berubah kembali. Setelah disusun pun masih mengalami beberapa kali revisi karena ada keterangan di buku panduan yang tidak terbaca. Semuanya murni kesalahan dan kelalaian saya yang tidak membacanya hinga tuntas. Sebagai ketua pelaksana, saya membuat dan mengembangkan jadwal kegiatan PLS tahun 2023 dari Struktur PLS. Padahal jadwal kegiatannya sendiri sudah ada, sudah dipola. Alhamdulillah Bapak Kepala Sekolah mengingatkanku lewat telpon tentang jadwal tersebut. Jadwal pun segera kuperbaiki menjelang Magrib.

Perkara jadwal bukan satu-satunya tantangan yang membuatku ketar ketir. Seperti yang sudah saya uraikan sebelumnya, buku panduan PLS datang H-1 menjelang pra PLS yang akan dilaksanakan pada hari Jumat, 14 Juli 2023. Spanduk yang sudah kupesan dengan tema yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekolahku terpaksa harus diganti mengikuti pemberitahuan di Nota Dinas yang keterima, lagi-lagi di detik-detik terakhir. Padahal spanduk tersebut sudah dicetak. Alhamdulillah, pihak percetakan merespon dengan cepat jika tema bisa diganti dengan cara ditempel dengan tema baru. Jadilah tema PLS tahun ini, akan sama di seluruh wilayah dinas pendidikam Jawa Barat yaitu dengan tema “Karakter Masagi Mewujudkan Peserta Didik Jawa Barat Juara Lahir Batin untuk Indonesia Maju”. Mudah-mudahan tema tersebut dapat dilaksanakan dan diaplikasikan oleh peserta didik yang mengikuti kegiatan PLS.

Akhirnya untaian kata dalam edisi curhatan ini harus saya tutup karena sayup-sayup sudah terdengar tahrim berkumandang di masjid dekat rumah. Semoga PLS, kegiatan, dan pekerjaan yang kita lakukan hari ini berjalan dengan lancar, keselamatan, kesehatan, dan keberkahan oleh Allah SWT. Aamiin ya rabbal alamin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Sukses selalu. Salam literasi

17 Jul
Balas

Terima kasih berkenan membaca. Salam literasi

17 Jul



search

New Post