NINDYAH SRI WULAN

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

KOLABORASI ANTARA GURU DAN WALI MURID DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DARING SAAT PANDEMI

Pada saat pandemi pembelajaran siswa di lakukan secara daring, karena belum di mungkinkan untuk melakukan pembelajaran secara luring, apalagi kasus peningkatan virus corona di beberapa kota di Indonesia sangat mengawatirkan. Pembelaran secara daring menjadi satu pilihan untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik baik melalui zoom, gmeet ataupun dengan menggunakan grup whatshapp.

Pembelajaran daring dengan menggunakan HP android selama ini banyak di temukan kendala – kendala serta banyaknya masukan tentang keluhan dari orang tua untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh ini, sampai saat ini pembelajaran daring yang dilaksanakan di daerah banyak kendala yang di hadapinya diantaranya tentang kepemilikan HP dari wali murid, kuota untuk membeli paket internet,jaringan internet yang di setiap daerah yang berbeda, wali murid mengalami kesusahan untuk mendounwload aplikasi yang di gunakan, keterbatasan pemahaman orang tua terhadapaplikasi teknologi di HP.

Guru saat ini harus selalu melakukan pendekatan dengan wali murid untuk memperkenalkan aplikasi yang ada di HP android untuk melaksanakan pembelajaran daring. Pendekatan bisa di lakukan menggunakan WA grup wali murid untuk membahas penggunaan aplikasi zoom maupun gmeet yang nantinya digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan jarak jauh, agar penyampaian materi dari pembelajaran tematik baik dari beberapa muatan pelajaran dapat tersampaikan secara maksimal. Melalui WA grup wali murid bisa di lakukan tanya jawab atau pun keluhan yang di samapaikan wali murid untuk di tanggapi bersama – sama seuruh anggota demi perbaikan dan peningkatan belajar peserta didik melalui daring.

Kerjasama antara guru dan wali murid yang terjalin dengan baik dan aktif sebagai upaya untuk meningkatkan proses belajar peserta didik dari rumah akan berhasil dengan adanya saling pengertiaan dan dukungan ini kegiatan berjalan lancar. Dari beberapa permasalahan yang di temukan adanya peserta didik yang saat pembelajaran daring melalui zoom pada pagi hari banyak yang tidak hadir ternyata di sebabkan HP di bawa orang tua bekerja sehingga peserta didik tidak dapat mengikuti pelajaran pada pagi hari, siswa yang orang tuanya bekerja di rumah bisa melaksanakan pembelajaran melalui zoom.

Adanya permasalahan yang timbul di karenakan keterbatasan dalam kepemilikan HP android sangat mempengaruhi kegiatan belajar siswa, tugas yang di berikan lewat WA grup juga belum bisa di kerjakan peserta didik pada waktu pagi dan siang hari, hal imi di sebabkan masih menunggu kedatangan orang tua yang pulang dari tempat kerja. Tugas – tugas peserta didik jadi terlambat di kirimkan ke guru

Permasalahan ini terjadi pada pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) karena siswa masih kecil dan harus di damping orang tua dalam mengerjakan tugas. Untuk siswa kelas rendah kelas 1,2, dan 3 masih harus ada pengawasan dari orang tua sedangkan untuk kelas tinggi kelas 4, 5, dan 6 sudah bisa mengerjakan tugas secara mandiri. Dengan permasalahan seperti ini di perlukan kolaborasi antara guru dan wali murid demi tercapainya hasil belajar siswa.

Sebagaqi guru di saat ini harus bisa menyadari keterbatasan atau kelemahan dari wali murid yang status ekonominya berbeda – beda perlu adanya keterbukaan, kerjasama dari beberapa pihak akan proses kegiatan belajar siswa selama di rumah tidak terganggu dan siswa dengan semangatnya untuk dapat belajar setiap hari apalagi pada waktu pagi ataupun di siang hari pada saat jam – jam sekolah sehingga pada saat itu anak – anak tetap di rumah dan belajar seperti pada kegiatan di sekolah.

Dengan adanya kolaborasi antara guru dan wali murid yang dilakukan selama pembelajaran daring ini dengan menampung berbagai masukan yang berupa keluhan, kekurangan, masukan ataupun saran bisa di musyawahkan bersama dalam grup wali murid kemudian mencaripemecahan masalah solusi yang terbaik demi peningkatan hasil belajar siswa selama pembelajaran daring di saat pandemic.

Kolaborasi ini akan terwujud dan berhasil dengan baik dengan adanya dukungan dari sekolah, guru dan wali murid. Dengan terpecahnya masalah utama yang menjadi kendala pembelajaran daring ini baik kesadaran wali murid terhadap ketersediaannya sarana dan prasarana berupa HP android serta kesadarannya betapa penting pembelajaran daring saat ini untuk putra dan putrinya dalam mengkuti pelajaran. Orang tua mempunyai peran yang sangat penting untuk kelancaran kegiatan pembelajarn daring terutama untuk peserta didik Sekolah Dasar (SD).Materi pelajaran yang tidak bisa di sampaikan di sekolah dapat di sampaikan melalui zoom ataupun gmeet dan saat pembelajaran orang tua bisa mendampingi putra putrinya tentu saja untuk orang tua yang bekerja di rumah bisa mendengarkan saat guru mengajar di HP sehingga akan lebih paham lagi jika putra dan putrinya bertanya tentang materi pembelajaran di rumah.

Pentingnya kolaborasi guru dan wali murid merupakan salah satu factor penunjang kenerhasilan pembelajaran daring yang saat ini sedeng berlangsung, kerjasama yang baik bisa mendapatkan hasil serta manfaat demi peningkatan kwalitas belajar siswa selama masa pandemic yang dilakukan di rumah. Manfaat yang bisa di rasakan dengan adanya kerjasama dan saling memahami pentingnya belajar lewat daring melalui zoom ataupun gmeet diantaranya adalahah terciptanya suasana keakraban antara guru wali murid dan murid, pembelajaran dapat terlaksana dengan lancar tanpa adanya hambatan lagi, peserta didik bisa tatap maya dengan guru dan teman-temannya, materi disampaikan dengan baik, pembelajaran bisa runtut sesuai jadwal yang telah di buat, siswa merasa gembira bisa belajar bersama bertemu guru dan temannya, meningkatkan keaktifan siswa saat tanya jawab lewat zoom, siswa menjadi lebih rajin belajar, tugas bisa di sampaikan langsung pada peserta didik, tugas yang di berikan guru langsung bisa di kerjakan sehingga tugas terkirim dengan tertib tidan tertunda pengirimannya.

Semoga dengan adanya kolaborasi antara guru dan wali murid dan pihak sekolah dalam pembelajaran daring selama masa pandemi ini banyak meningkatkan manfaat khususnya untuk peserta didik Sekolah Dasar (SD) sehingga siswa tetap belajar di rumah setiap harinya dapat terarah, muatan materi pembelajaran dapat di terima peserta didik dengan baik, peserta didik bisa bertanya jawab dengan gurunya sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post