Dwi Suwarnaning

Mengalir saja...

Selengkapnya
Navigasi Web
PK Guru oleh Peserta Didik dan Orang tua
meningkatkan kompetensi melalui PK Guru

PK Guru oleh Peserta Didik dan Orang tua

Seperti halnya PK Guru oleh teman sejawat, proporsi PK Guru oleh peserta didik dan orang tua juga hanya 10%. Responden peserta didik untuk guru SD kelas tinggi sebanyak 5 orang perwakilan siswa kelas 4 sampai kelas 6. Sedangkan responden orang tua untuk guru SD hanya 3 orang saja.

Ada 4 komponen penilaian oleh peserta didik. Sedangkan PK Guru oleh orang tua memiliki 2 komponen yang harus dinilai. Berikut ini adalah komponen dan pernyataan yang harus dinilai oleh peserta didik dan orang tua. Komponen ini terdapat dalam aplikasi PKG yang dikembangkan oleh Tim Pengawas Sekolah di kabupaten Bondowoso.

Komponen PK Guru oleh Peserta Didik:

1. Penguasaan Materi

a. Guru menyampaikan materi pelajaran dengan contoh dalam kehidupan sehari-hari.

b. Guru menjelaskan materi pelajaran dari buku paket dan sumber belajar lainnya.

c. Guru memberikan contoh atau permasalahan yang berhubungan dengan keadaan saat ini.

d. Guru menjawab pertanyaan dengan jelas.

e. Guru menjawab pertanyaan dengan benar.

f. Guru mengajar sesuai dengan materi pelajaran

2. Kemahiran dalam Mengajar

a. Guru menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan selama pembelajaran.

b. Guru memberikan motivasi kepada saya dan teman-teman

c. Guru menyampaikan materi pelajaran dengan mudah dimengerti

d. Guru mengajar dengan cara yang bervariasi misalnya diskusi, demonstrasi, tanya jawab, ceramah, dll.

e. Guru berbicara dengan jelas ketika menyampaikan materi pelajaran

f. Guru meminta belajar secara berkelompok

g. Guru mengajar dengan cara yang menyenangkan dan menarik

h. Guru terampil menggunakan alat bantu saat mengajar

i. Guru membimbing saya dan teman-teman ketika mengalami kesulitan

j. Guru membuat suasana nyaman saat melaksanakan pembelajaran.

k. Guru memberi kesempatan kepada saya dan teman-teman untuk bertanya atau menjawab

l. Guru menghargai kemampuan saya dan teman-teman

m. Guru memberitahukan nilai hasil belajar

n. Guru memberikan tugas dalam pembelajaran

3. Perilaku Guru Sehari-hari

a. Guru mengajak saya dan teman-teman untuk berperilaku baik

b. Guru memberi contoh perilaku yang sesuai aturan

c. Guru menjalankan ibadah sesuai dengan ajaran agamanya

d. Guru berpakaian rapi sesuai aturan sekolah.

e. Guru menghargai perbedaan asal, suku, ras dan agama

f. Guru berpakaian sopan

g. Guru berbicara dengan santun

h. Guru ramah

i. Guru sabar

j. Guru memulai pembelajaran tepat waktu

k. Guru mengakhiri pembelajaran tepat waktu

l. Guru memberikan tugas apabila berhalangan hadir

m. Guru menjaga lingkungan sekolah tanpa asap rokok

n. Guru menjaga kebersihan lingkungan sekolah

o. Guru memulai dan mengakhiri pembelajaran dengan berdoa bersama

4. Hubungan sosial dengan Peserta didik

a. Guru memperhatikan kebutuhan belajar saya dan teman-teman

b. Guru menyebutkan nama saya dan teman-teman selama kegiatan pembelajaran atau kegiatan lainnya)

c. Guru memberi perhatian kepada saya dan teman-teman

d. Guru memilihara komunikasi yang baik dengan semua peserta didik

e. Guru mudah dihubungi pada saat diperlukan untuk diskusi

f. Guru akrab dengan saya dan teman-teman

g. Guru ikut serta dalam berbagai macam kegiatan sekolah (upacara, kegiatan keagamaan, senam bersama)

Komponen PK Guru oleh Orang tua:

1. Komunikasi

a. Guru memberitahukan perkembangan belajar putra/putri saya.

b. Guru memberi kesempatan berkomunikasi dengan saya yang berkaitan dengan perilaku atau kesulitan belajar.

c. Guru bekerja sama dengan orang tua untuk menyelesaikan kesulitan belajar putra/putri saya

2. Kepercayaan dalam Memberikan Pendidikan kepada Peserta didik

a. Guru berperan sebagai orang tua bagi putra/putri saya di sekolah

b. Guru mengubah perilaku putra/putri saya menjadi lebih baik

c. Guru memberikan bimbingan dalam pembelajaran kepada putra/putri saya yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari

d. Guru disenangi oleh putra/putri saya dan teman-temannya

e. Guru mengembalikan hasil belajar (PR, tugas, hasil ulangan) putra/putri saya dilengkapi dengan catatan

Tantangan hari ke-330

Bondowoso, 14/12/2020#TantanganGurusiana365

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post