Dwi Suwarnaning

Mengalir saja...

Selengkapnya
Navigasi Web
PK Guru oleh Teman Sejawat
meningkatkan kompetensi guru melalui PKG

PK Guru oleh Teman Sejawat

Selain penilaian oleh atasan langsung/ Kepala Sekolah, PK Guru juga dilakukan oleh responden teman sejawat yakni sesama guru. Meskipun proporsinya hanya 10% (bagi guru Sekolah Dasar) dalam PKG namun bagian ini tidak boleh terlewatkan untuk dilaksanakan. Responden dari teman sejawat adalah 10% dari banyaknya guru yang ada di lembaga masing-masing.

Ada 3 komponen yang terdapat dalam penilaian yang dilakukan oleh teman sejawat. Berikut ini adalah komponen dan pernyataan yang harus dinilai oleh teman sejawat. Komponen ini terdapat dalam aplikasi PKG yang dikembangkan oleh Tim Pengawas Sekolah di kabupaten Bondowoso.

1. Perilaku Guru sehari-hari

a. Guru mentaati peraturan yang berlaku di sekolah

b. Guru bekerja sesuai jadwal yang ditetapkan

c. Guru berpakaian rapi dan/atau sopan

d. Guru rajin mengikuti upacara bendera

e. Guru berperilaku baik terhadap saya dan guru lain

f. Guru bersedia menerima kritik dan saran dari saya atau guru lain

g. Guru dapat menjadi teladan bagi saya dan teman-teman

h. Guru pandai mengendalikan diri

i. Guru ikut aktif menjaga lingkungan sekolah bebas dari asap rokok

j. Guru berpartisipasi aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler

k. Guru berpartisispasi aktif dalam kegiatan peningkatan prestasi sekolah

2. Hubungan Guru dengan Teman Sejawat

a. Guru bersikap ramah kepada saya atau orang lain

b. Guru berbahasa santun kepada saya atau orang lain

c. Guru memberi motivasi kepada saya atau teman-teman guru lain

d. Guru pandai berkomunikasi secara lisan atau tertulis

e. Guru memotivasi diri dan rekan sejawat secara aktif dan kreatif dalam melaksanakan proses pendidikan

f. Guru menciptakan suasana kekeluargaan di dalam dan luar sekolah

g. Guru mudah bekerjasama dengan saya atau guru lainnya

h. Guru bersedia diajak berdikusi tentang segala hal terkait kepentingan peserta didik dan sekolah

i. Guru bersedia membantu menyelesaikan masalah saya dan guru lainnya

j. Guru menghargai kemampuan saya dan guru lainnya

3. Perilaku Profesional Guru

a. Guru memiliki kretivitas dalam pembelajaran

b. Guru memiliki pengetahuan dan keterampilan Teknologi Informasi (TI) yang memadai

c. Guru memiliki perangkat pembelajaran yang lengkap

d. Guru ada di sekolah meskipun tidak mengajar di kelas

e. Guru memulai pembelajaran tepat waktu

f. Guru mengakhiri pembelajaran tepat waktu

g. Guru memberikan tugas kepada peserta didik apa bila berhalangan hadir untuk mengajar

h. Guru memberi informasi kepada saya atau guru lain jika berhalangan hadir untuk mengajar

i. Guru memperlakukan peserta didik dengan penuh kasih sayang

Tantangan hari ke-326

Bondowoso, 10/12/2020#TantanganGurusiana365

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren ulasan yang bermanfaat

10 Dec
Balas

Terimakasih Bu

11 Dec

Keren ulasannya bu, sangat bermanfaat

10 Dec
Balas

Terimakasih Bu.. semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman guru

11 Dec



search

New Post