Dwi Suwarnaning

Mengalir saja...

Selengkapnya
Navigasi Web
Teknik Penyusunan Soal Sesuai Kaidah (2)
kaidah penulisan soal

Teknik Penyusunan Soal Sesuai Kaidah (2)

1. Soal harus sesuai dengan indikator

Indikator : Siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan luas bangun datar.

Contoh soal yang kurang baik:

Sebuah taman berbentuk persegi panjang berukuran 16 m x 10 m. Jika taman itu diperluas dengan cara lebarnya diperpanjang 20% dari ukuran lebar semula. Berapakah keliling taman tersebut?

A. 56 m

B. 62,4 m

C. 192 m

D. 230,4 m

Kunci: A

Penjelasan:

Dalam contoh di atas kemampuan yang ingin diukur dalam indikator adalah menghitung luas taman, sedangkan soal menanyakan keliling taman. Rumusan pokok soal ini tidak sesuai dengan indikator.

Contoh soal yang lebih baik:

Sebuah taman berbentuk persegi panjang berukuran 16 m x 10 m. Jika taman itu diperluas dengan cara lebarnya diperpanjang 20% dari ukuran lebar semula. Berapakah luas taman tersebut?

A. 61,4 m2

B. 162 m2

C. 192 m2

D. 230,4 m2

Kunci : C

2. Pilihan jawaban harus homogen dan logis ditinjau dari segi materi

Contoh soal yang kurang baik:

Wakil dari Indonesia yang turut menandatangani Deklarasi Bangkok adalah....

A. Ali Alatas

B. Mohamad Hatta

C. Adam Malik

D. Menteri Dalam Negeri

Kunci: C

Penjelasan:

Pilihan jawaban d pada contoh soal di atas tidak homogen dari segi materi karena tidak menyebutkan tokohnya, demikian pula pilihan jawaban a kurang logis karena peristiwa ini terjadi pada tahun 1967.

Contoh soal yang lebih baik:

Wakil dari Indonesia yang turut menandatangani Deklarasi Bangkok adalah....

A. Mohamad Hatta

B. Soekarno

C. Adam Malik

D. Ali Sastroamidjojo

Kunci: C

3. Setiap soal harus mempunyai satu jawaban yang benar atau yang paling benar.

Contoh soal yang kurang baik:

Contoh kalimat yang berpelengkap adalah…

A. Pulau Banda memiliki taman laut yang indah.

B. Kemarin malam Badu belajar bahasa Indonesia.

C. Kebun binatang itu memiliki dua ekor panda Cina.

D. Abi berusaha belajar matematika mati-matian.

Kunci: B dan D

Penjelasan:

Contoh soal di atas lebih dari satu pilihan jawaban yang benar, yaitu B dan D sehingga dapat membingungkan siswa. Sedangkan jawaban yang diminta hanya satu jawaban yang benar atau paling tepat.

Contoh soal yang lebih baik:

Contoh kalimat yang berpelengkap adalah...

A. Pulau Banda memiliki taman laut yang indah.

B. Kemarin malam Badu belajar bahasa Indonesia.

C. Kebun binatang itu memiliki dua ekor panda Cina.

D. Abi sedang memperbaiki sepeda mininya.

Kunci: B

4. Pokok soal harus dirumuskan secara jelas dan tegas.

Contoh soal yang kurang baik:

Sikap tenggang rasa harus selalu dibina....

A. supaya bangsa kita menjadi jaya

B. untuk menciptakan kesejahteraan hidup

C. karena dapat memperkokoh kerukunan antarumat beragama

D. agar tercipta keselarasan hidup

Kunci: C

Penjelasan:

Perumusan permasalahan dalam pokok soal tidak jelas, pengecoh menjadi sangat heterogen, dan tidak jelas konsep apa yang ditanyakan.

Contoh soal yang lebih baik:

Sikap tenggang rasa harus selalu dibina, karena dapat….

A. menjunjung martabat bangsa dan negara

B. menciptakan kesejahteraan hidup

C. memperkokoh persatuan dan kesatuan

D. mewujudkan kemakmuran dan kejayaan

Kunci: C

5. Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban harus merupakan pernyataan yang diperlukan saja.

Contoh soal yang kurang baik:

Pada peristiwa G 30 S PKI tahun 1965, banyak jendral yang tewas yang kita sebut Pahlawan Revolusi. Pahlawan Revolusi adalah pahlawan yang gugur dalam….

A. mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia yaitu dalam melaksanakan tugas pembangunan

B. membela tanah air dan tumpah darah Indonesia dalam rangka mempertahankan kemerdekaan

C. Mempertahankan Pancasila dan UUD 1945 dari pengaruh komunisme yang ingin berkuasa

D. melaksanakan tugas pembangunan semesta untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk Indonesia

Kunci: C

Penjelasan:

Rumusan dan pokok soal dan pilihan jawaban di atas berlebihan, karena ada bagian yang tidak diperlukan. Hal ini akan menyita sebagian waktu yang disediakan.

Contoh soal yang lebih baik:

Pahlawa revolusi adalah pahlawan yang gugur dalam….

A. memperjuangkan kemerdekaan dan pembangunan

B. membela tanah air dan mengisi kemerdekaan

C. mempertahankan Pancasila dan UUD 1945

D. melaksanakan pembangunan dan membela negara

Kunci: C

6. Pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban benar

Contoh soal yang kurang baik:

Majas personifikasi yaitu majas yang mengibaratkan benda mati seolah-olah hidup. Contoh kalimat yang menggunakan majas personifikasi adalah...

A. Nyiur melambai-lambai di tepi pantai.

B. Jeritan anak itu memecahkan telingaku.

C. Raja hutan akan keluar dari kandang.

D. Mukanya pucat pasi bagai bulan kesiangan.

Kunci: A

Penjelasan:

Penjelasan majas personifikasi pada pokok soal akan memberi petunjuk ke arah jawaban yang benar.

Contoh soal yang lebih baik:

Contoh kalimat yang menggunakan majas personifikasi adalah...

A. Nyiur melambai-lambai di tapi pantai.

B. Jeritan anak itu memecahkan telingaku.

C. Raja hutan akan keluar dari kandang.

D. Mukanya pucat pasi bagai bulan kesiangan.

Kunci: A

Tantangan hari ke-307

Bondowoso, 21/11/2020#TantanganGurusiana365

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren bunda

21 Nov
Balas

Terimakasih Bu

22 Nov

Keren. Sukses selalu

21 Nov
Balas

Terimakasih. Salam sukses selalu juga untuk ibu

22 Nov



search

New Post