Dwi Suwarnaning

Mengalir saja...

Selengkapnya
Navigasi Web
Teknik Penyusunan Soal Sesuai Kaidah (4)
kaidah penyusunan soal

Teknik Penyusunan Soal Sesuai Kaidah (4)

11. Gambar, grafik, tabel, diagram, dan sejenisnya yang terdapat pada soal harus jelas dan berfungsi.

Contoh soal yang kurang baik:

Grafik di bawah ini menggambarkan berat badan siswa SMP ”TARUNA”.

Berapa banyak siswa yang mempunyai berat badan 30 kg?

A. 5 orang.

B. 10 orang.

C. 20 orang.

D. 25 orang.

Kunci: C

Penjelasan:

Grafik dalam soal belum dilengkapi dengan angka yang memberikan informasi tentang jumlah murid dan berat badan, sehingga informasi dalam grafik itu tidak jelas. Akibatnya siswa yang mengerjakan soal itu tidak dapat menjawab dengan benar.

Contoh soal yang lebih baik:

Grafik di bawah ini menggambarkan berat badan siswa SMP ”TARUNA”.

Berapa banyak siswa yang mempunyai berat badan 30 kg?

A. 5 orang

B. 10 orang

C. 20 orang

D. 25 orang

Kunci: C

12. Butir soal jangan bergantung pada jawaban soal sebelumnya.

Contoh soal yang kurang baik:

1) Pak Ahmad mempunyai tanah berukuran seperti pada gambar di bawah ini!

Berapakah keliling tanah Pak Ahmad?

A. 92 m.

B. 128 m.

C. 144 m.

D. 162 m.

Kunci: B

2) Disekeliling tanah Pak Ahmad akan diberi pagar dengan biaya pemasangan tiap meter sebesar Rp24.000,00. Berapa rupiah biaya yang harus dikeluarkan Pak Ahmad untuk pemasangan pagar tersebut?

A. Rp2.208.000,00

B. Rp3.072.000,00

C. Rp3.456.000.00

D. Rp3.888.000,00

Kunci: B

Penjelasan:

Soal di atas dapat merugikan siswa, karena siswa yang tidak dapat menjawab dengan benar pada soal nomor 1, pasti akan menjawab salah pada soal nomor 2. Oleh karena itu soal nomor 2 harus diperbaiki sehingga menjadi soal yang berdiri sendiri.

13. Rumusan butir soal harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.

Contoh soal yang kurang baik:

kitab sutasoma merupakan peninggalan kerajaan Majapahit di bidang sastra ditulis oleh….

A. empu Prapanca

B. empu Tantular

C. empu Sedah

D. empu Panuluh

Kunci: B

Penjelasan:

Bahasa yang digunakan pada rumusan pokok soal tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Contoh soal yang lebih baik:

Kitab Sutasoma merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit di bidang sastra ditulis oleh….

A. Empu Prapanca

B. Empu Tantular

C. Empu Sedah

D. Empu Panuluh

Kunci: B

Tantangan hari ke-309

Bondowoso, 23/11/2020#TantanganGurusiana365

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post