Ninik Sulistyani

Ninik Sulistyani,S.Pd.M.Pd. Lahir Madiun 19 Mei 1968 Instansi SMP Negeri 3 Ngawi Jatim Selain sebagai guru juga sebagai Tutor di Universutas Terbuka Surabaya...

Selengkapnya
Navigasi Web

MENYAMBUNG SILATURAHIM (Loading Era New Normal)

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُه.

*MENYAMBUNG SILATURAHIM*

(Loading Era _New Normal_)

عَنِ ابْنِ شِهَابٍ قَالَ أَخْبَرَنِى أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِى رِزْقِهِ، وَيُنْسَأَ لَهُ فِى أَثَرِهِ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ.

Dari Ibnu Syihab berkata; telah mengabarkan kepadaku Anas bin Malik bahwa Rasulullah *محمد* saw bersabda: Barangsiapa ingin lapangkan rezeki untuknya dan dipanjangkan umurnya, hendaknya ia menyambung hubungan silaturrahim . (H. R. Bukhari no. 5987 dan Muslim no. 6688)

Kandungan hadis:

1. Silaturahim berasal dari kata *shilah* yang artinya hubungan dan *rahim* artinya kerabat. Rahim sendiri juga berasal dari ar rahmah yang berarti kasih sayang, sehingga sering disebut dengan berkasih sayang atau menjalin kekerabatan.

2. Menyambung silaturahim termasuk ke dalam bagian dari ajaran Islam. Untuk itu Rasulullah memerintahkan agar umat Islam menjaga dan menyambung kekerabatan, agar terjalin saling bahu-membahu satu sama lain.

3. Silaturahim adalah media menghapus salah dan khilaf, seperti halnya tanpa sadar melukai atau menyakiti hati seseorang. Nah, dengan silaturahim kesalahan tersebut terhapus. Silaturahim merekatkan ukhuwah dan juga kekerabatan yang mulai pupus atau berkurang.

4. Silaturahim mengundang rezeki. Ini bisa bersifat langsung ataupun efek yang tidak langsung. Misalnya saja, dengan bertemu sahabat, bisa menawarkan produk bisnis, membangun jaringan, melakukan kerjasama bisnis atau mendapatkan berkah lainnya dari bersilaturahim

5. Silaturahim membiasakan untuk menghargai orang lain, menghormati mereka, mendengarkan cerita dan masalahnya dan hal-hal lainnya. Untuk itu, silaturahim secara tidak langsung, kalau dijalankan secara konsisten akan membentuk empati dan menjauhi sikap mementingkan diri pribadi.

6. Silaturahim memperluas persaudaraan. Awalnya hanya mengenal satu orang, kemudian akan banyak mengenal sahabat-sahabat atau saudara yang lainnya, karena ada keluarga baru menikah sehingga bertambah anggota keluarganya.

7. Tanda iman kepada *الله* SWT adalah melakukan silaturahim Orang yang suka mengunjungi sanak saudaranya, serta menjalin silaturahim akan dipanjangkan umurnya di diluaskan rezekinya,

dibaguskan akhlaknya. *Tentu dengan tetap patuhi Protokoler Kesehatan*. Aamiin (جولايني)

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Barakallah bund... Mantap sehat selalu...

06 Jun
Balas



search

New Post