nini maswati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

UJIAN

"Buk,ujian tadi soalnya sangat susah", beberapa orang siswa menghampiriku usai ujian.

Ini bukan kali pertama aku mendengar komentar siswa setelah melaksanakan ujian di kelas. Aku hanya tersenyum menanggapi komentar mereka. karena aku yakin telah memberi soal-soal ujian sesuai kemampuan mereka. Jika mereka siswa kelas X, mustahil aku memberikan mereka soal ujian untuk siswa kelas XII. Sepertinya siswa-siswaku tidak menyadari bahwa sebenarnya bukan soal ujiannya yang susah, tapi mereka yang lalai dan tidak belajar.

Kejadian ini menggiring pikiranku ke ujian lain, yakni ujian dalam kehidupan. Baik berupa sakit, kehilangan, kesulitan atau sesuatu yang tidak menyenangkan lainnya. Terkadang kita cenderung berkeluh kesah dan berusaha mencari kambing hitam untuk disalahkan ketika sesuatu yang tidak menyenangkan menimpa kita. sedikit sekali diantara kita yang menyadari bahwa masalah yang kita hadapi; terasa ringan atau terasa berat tergantung cara kita menyikapinya. 

Jika seorang guru saja memberikan ujian kepada siswa sesuai porsinya, apalagi Tuhan yang Maha Tahu. Tuhan pasti memberi soal ujian kepada kita sesuai kemampuan diri kita menjalaninya. Tuhan tidak akan memberikan beban kepada kita jika kita tidak sanggup memikulnya. Hanya saja, selama ini kita cenderung merespon ujian yang diberikan dengan keluh kesah. sehingga ujian yang seharusnya ringan dan mampu kita pikul malah terasa begitu berat

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren, kalo dekat kompor panas, produktif jadinya. Semangat bu

09 Sep
Balas

Makasih Bu sudah berkunjung. Mohon bimbingannya Bu...

10 Sep

Lanjut bu...kalau bisa jadi kumpulan cerpen

09 Sep
Balas

Makasih Bu, bakal ngerepotin ibu terus nie...

10 Sep

Mantap.

27 Sep
Balas

Baru belajar Pak..

28 Sep

Baru belajar Pak..

28 Sep

Wah, pass banget dgn sikon saya saat ini, mbak

09 Sep
Balas

Wah, pass banget dgn sikon saya saat ini, mbak

09 Sep
Balas

Semangat Mbak, semoga kita selalu diberikan kekuatan pada kita.

10 Sep

Semangat Mbak, Semoga Allah selalu memberikan kekuatan pada kita.

10 Sep
Balas

Semangat Mbak, Semoga Allah selalu memberikan kekuatan pada kita.

10 Sep
Balas

Siapa lagi yang akan memotivasi kakak, kalau bukan Lia

10 Sep
Balas

Makasih adikku Lia..selalu ada dalam suka maupun duka.

19 Feb
Balas

Superr k nini tulisannya...luarr biasa kak...

10 Sep
Balas



search

New Post