Nining Wahyu Haryani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
R3 BEJO
R3 BEJO

R3 BEJO

R3 BEJO adalah singkatan dari Reuse, Reduce, Recycle Bikin Enjoy. Dasar hukum program ini adalah pasal 5 ayat (2) UUD 1945 dan UU Nomor 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah (UUPS). Permen LHK 14 tahun 2021 tentang pengelolaan sampah pada bank sampah, PP nomer 27 tahun 2020 tentang pengelolaan sampah spesifik.

Program R3 BEJO berangkat dari keprihatinan seluruh warga sekolah SDN Teja Barat 3 untuk mengubah wajah sekolah menjadi lebih cantik, indah, bersih dan sehat. Apa gunanya wajah cantik dan ganteng jika kita berada di lingkungan yang kotor. Pakaian indah yang kita kenakan seakan kontras dengan sampah yang bertebaran. Kepedulian kita terhadap lingkungan sekitar adalah kecantikan yang sesungguhnya.

Lingkungan kotor di SDN Teja Barat 3 lebih banyak berasal dari sampah plastik. Ketika istirahat, murid lebih suka membeli jajanan dan minuman kemasan pabrik dibanding jajanan tradisional. Selain itu letak sekolah yang dekat pemukiman warga, membuat sampah dari perumahan warga beterbangan sampai di depan sekolah. Masyarakat sekitar membuang sampah rumah tangga di tepi jalan, sehingga sampah bertebaran di sepanjang jalan menuju sekolah. Kesadaran warga sekitar untuk mengolah sampah juga masih kurang sehingga sekolah menggagas program R3 BEJO bekerjasama dengan masyarakat sekitar.

Tahapan R3 BEJO (Reuse,Reduce,Recycle Bikin Enjoy) yaitu mengolah sampah organik dan anorganik di lingkungan sekolah. Sampah organik diolah menjadi kompos dan pupuk cair/Eco Enzyme. Sampah anorganik dimanfaatkan untuk Eco Brick (Reuse). Sampah yang telah dipilah juga di buat kerajinan seperti pajangan, tas dan pot bunga (Recycle).Selain itu sekolah mengadakan kantin sehat sebagai upaya mengurangi (Reduce) sampah plastik. Makanan yang di jual sebisa mungkin tidak berbungkus plastik. Siswa dan guru di biasakan membawa wadah minum/tumbler dan kotak makan dari rumah.

Tujuan jangka pendek R3 BEJO yaitu mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih dan bebas dari sampah plastik. Untuk itu sekolah membudayakan LISAM (lihat sampah ambil) untuk menumbuhkan tanggung jawab terhadap lingkungan. Sampah itu lalu dipilah untuk diproses sesuai peruntukkannya. Tujuan jangka panjang program ini yaitu BEJO (bikin enjoy). Di harapkan kebiasaan mengolah sampah menjadi budaya yang menyenangkan dan menguntungkan. Bertanggung jawab pada sampah yang kita hasilkan di harapkan menjadi tren /gaya hidup sehari-hari.

Sampah organik yang dikelola menjadi kompos/pupuk organik selama ini di manfaatkan untuk kebutuhan intern sekolah sebagai sekolah adiwiyata. Diharapkan upaya ini bisa berkembang menjadi usaha pupuk organik sebagai sumber tambahan penghasilan bagi sekolah dan masyarakat sekitarnya. R3 BEJO diharapkan mampu menginspirasi warga sekolah dan sekitarnya untuk mengatasi masalah sampah. Semangat R3 BEJO di ilhami dari filosofi kehidupan bahwa sejatinya di dunia ini tidak ada yang bernama sampah. Semua punya manfaat di tangan ahlinya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren, Semangat atas inovasinya, semoga menginspirasi.

07 Sep
Balas



search

New Post