Niswati Handayani

Guru TK.....

Selengkapnya
Navigasi Web
321. Kota Khatulistiwa

321. Kota Khatulistiwa

321.Kota Khatulistiwa

Tagursiana 365#2/321/693

Hai sahabat kecilku,,

Tahukah kamu bahwa Indonesia adalah negara yang besar. Ada 34 provinsi loh

Selain itu setiap provinsi memiliki keunikan geografis dan budaya. Nah, ada yang unik dari letak geografis provinsi Kalimantan barat. Khusunya di Kota Pontianak

Diatas Kota Pontianak provinsi Kalimantan barat melintas garis khatulistiwa. Yaitu garis lintang Nol derajat yang membagi bumi menjadi dua bagian yaitu bagian utara dan selatan dengan ukuran yang sama.

Daerah yang dilalui garis khatulistiwa mendapatkan sinar matahari yang lebih dibanding daerah lainnya. maka udaranya panas dan lembab karena hujan turun lebih sering.

Ada beberapa wilayah di Indonesia yang dilalui garis khatulistiwa, yaitu Kota Pontianak di Kalimantan Barat, Kota Bonjol di Sumatera barat, Kota Tumbu di Sulawesi dan Maluku

Menurut para ahli astronomi, wilayah Kalimantan Barat yang paling panjang dilalui garis khatlistiwa. Yaitu 466 Km dan garis lintang tersebut persis 0 derajat di atas Kota Pontianak. Itulah sebabnya Kota Pontianak terkenal dengan Kota Khatulistiwa.

Nah teman-teman.. ada yang menarik dari Kota Pontianak karena setiap tahun mengalami dua kali kulminasi matahari. Yaitu setiap tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September.

Pada saat kulminasi, jika kita berdiri tidak memiliki bayangan, karena matahari berada tegak lurus 90 derajat di garis khatulistiwa. Pada saat kulminasi matahari seolah begitu dekat dengan bumi sehingga terasa panas.

Di taman tugu Khatlistiwa, teman-teman bisa melihat sejarah berdirinya tugu nol derajat yaitu tugu yang menandai garis khatulistiwa berada pada titik Nol derajat.

Pada saat kulminasi matahari, di halaman tugu khatulistiwa ramai dikunjungi wisatawan untuk bersisata kulminasi matahari. Biasanya wisatwan akan mencoba mendirikan telur ayam di lantai. Dan menyaksikan tubuhnya yang berdiri tegak tanpa bayangan.

Bagiamana teman-teman, apakah tertarik berwisata sejarah ke kota Pontianak?

Roemah, 18 November 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post