Niswati Handayani

Guru TK.....

Selengkapnya
Navigasi Web

334.Hasud Yang lembut

334. Hasud Yang “lembut”

Tagursiana 365#2/334/706

Imam Safii mengatakan semua pertengkaran/ peperangan dapat diselesaikan kecuali pertengkaran yang di sebabkan oleh hasud

Siapa yang bisa menghindar dari lembutnya rasa hasud.kadang tidak merasa jika apa yang dirasakan terhadap orang lain masuk dalam kategori hasud.

Hasud adalah kita merasa tidak senang melihat orang lain mendapat kenikmatan dan berharap kenikmatan tersebut hilang, sehingga orang lain tersebut tidak memiliki kelebihan dari kita. Hasud lebih bayak terjadi jikka penerima nikmat adalah sepantaran atau se level, bukan orang yang lebih tinggi dar kita.

Berbeda dengan hasud, Munafasah adalah orang lain mendapat nikmat dan mendorong diri kita mendapat nikmat yang sama. bisa dikatakan perasaan kompetisi yang positif, memotivasi diri kita untuk mendapatkan nikmat yang sama.

Adapun tingkatan – tingkatan hasud ada 4. Pertama, yaitu merasa senang jika nikmat itu hilang. Hasud seperti ini adalah puncaknya nya tingkat tinggi. Kedua, hasud yang menginginkan hilangnya niimat tersebut berharap berpindah kepadanya, misalnya kekayaan, perempuan dan kekuasaan. .ketiga orang yang hasud tidak menginginkan nikmat yang diperoleh orang lain, hanya ingin mendapatkan nikmat yang lain yang sama nilainya dengan yang didapatkan orang lain. Keempat, orang yang hasud menginginkan nikmat yang sama, jika tidak mendapatkan nikmat yang sama ia merasa tidak mengapa.

Berappaun levelnya hasud yag ada pada diri kita tetap lebih baik tidak memiliki rasa hasud. Semoga kita dapat meminimalisir rasa hasud, dengan memperbanak bersyukur dan menerima atasa takdir dari NYA.

Roemah 1 Desember 2022

Tujuan hasud yg sebenarnya ketika kita menghharapkan nikmat yang diperoleh orang lain.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post