N. Mimin Rukmini

N. Mimin Rukmini. Sejak gabung Media Guru, beranggapan menulis adalah kebutuhan. Beberapa hari tak menulis angan dah mulai teriris. Prinsip hidup "Aku Ing...

Selengkapnya
Navigasi Web
KERATAN BUAH TOMAT DAN MENTIMUN YANG BERMANFAAT

KERATAN BUAH TOMAT DAN MENTIMUN YANG BERMANFAAT

KERATAN BUAH TOMAT DAN MENTIMUN YANG BERMANFAAT

Sudah lama tak singgah di Gurusiana, rasanya rindu sekali. Literasi menulis di blog yang telah kujalani agak terputus. Bukan tak ingin menulis, bukan pula tak ingin menangis, melainkan desakan keutamaan yang memaksa menyimpan sejenak segala angan yang tak tertahankan.

Selamat dan salut kepada Bapak dan Ibu yang terus menulis hariannya. Terus maju, rampungkan tantangan 365! Menulis harian saya, gagal dua kali setelah melangkah dua kali dua bulan. Sertifikat biru mungkin bisa diambil dan saya dapatkan. Tetapi, bukan itu yang utama, melainkan komitmen untuk terus menulis.

Yeeeh, Kok jadi curhat? Sebetulnya saya mau menyampaikan sesuatu, yakni resep menjaga stamina di saat Covid-19.

Pembaca yang budiman, Pandemi Covid-19 telah menginjak bulan ketujuh. Banyak sudah pengalaman mempertahankan kondisi kesehatan. Sebagaimana anjuran protokol Covid-19 bahwa kita mesti menjaga stamina agar kekebalan tubuh tetap terjaga. Dengan demikian, tubuh yang sehat dipastikan akan terhindar dari positif virus korona. Misalnya saja terhindar dari flu atau filek.

Ingin tahu cara menghindari sakit flu? Naah, caranya sebagai berikut.

1) Ambillah satu buah tomat.

2) Setelah dicuci, tomat diiris kecil, lalu tuangkan ke dalam gelas atau mangkuk.

3) Seduh tomat dengan air panas, dan biarkan beberapa menit.

4) Air tomat siap diminum, lebih mantap jika diminum selagi hangat.

5) Jika air tomat habis, tomat yang sudah diseduh tadi, bisa diseduh kembali. (Satu tomat dua kali diseduh)

Ramuan air tomat yang saya kemukakan di atas hanya berdasarkan pengalaman bukan atas dasar penelitian. Hanya, minimal dari pengalaman itu, saya terhindar dari sakit flu sejak bulan Maret lalu. Gejala flu biasanya bersin-bersin, sakit tenggorokan, atau badan terasa sakit. Dengan cara minum air tomat itulah Alhamdulillah, sakit flu tak sempat singgah di badan. Selain ramuan di atas, ada yang lebih utama, yakni tetap banyak minum air putih. Dengan banyak minum air putih, sakit Kepala pun bisa dihindari.

Adapun resep ketika terjadi sakit kepala dapat saya paparkan seperti tersebut di bawah ini.

Sakit kepala bisa terjadi secara tiba-tiba. Ketika bangun tidur, atau saat berdiri dari duduk, atau ketika duduk pun bisa terjadi. Jangan langsung panik atau langsung minum obat sakit kepala. Pengalaman yang saya lakukan, jika terjadi sakit kepala:

1) Istirahat dan duduk santai sejenak, selama duduk santai,

minum air putih hangat/ suhu kamar dua atau tiga gelas.

2) Jika masih sakit, dicoba untuk ditidurkan;

3) Jika setelah ditidurkan pun sakit kepala masih terasa, baru minum obat parasetamol.

Tiga cara di atas, jika sakit kepala yang terjadi karena masuk angin atau telat makan. Saya memiliki penyakit darah tinggi, jika terjadi sakit kepala selain dengan tiga cara di atas, yakni dengan minum air kelapa muda atau dengan air irisan mentimun yang diseduh seperti air tomat yang telah dijelaskan pada paparan tips menghindari sakit flu.

Bapak, Ibu pembaca yang budiman! Pengalaman adalah guru terbaik. Setiap orang memiliki pengalaman dan resep tersendiri dalam menghindari sakit. Selain secara medis dengan cara berobat, pertolongan pertama sebelum pergi ke dokter, yakni salah satunya pengalaman yang telah saya lakukan, menjadi alternatif pengobatan yang hemat. Semoga bermanfaat! Menjaga tubuh tetap sehat, apalagi di saat Covid-19 ini, mutlak perlu kita lakukan. Bisa!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mksh Bu!

02 Sep
Balas

Mantap. Terima kasih tipsnya. Teteh mau nyoba, ah.

22 Sep
Balas

He he ada yang singgah, hatur nuhun Tth Say! Mangga dicobi!

23 Sep

Barakallahu Fiik

27 Sep
Balas

Pasti seger banget nih bu.

22 Sep
Balas

Betul segar Bu! Mtr nuwun!

23 Sep

Mau nyoba deh

23 Sep
Balas



search

New Post