Nofa Defita,S.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
CGPKONEKSI DAN REFLEKSI ANTAR MATERI MODUL 1.2
Mindmapping Modul 1.2.a.8

CGPKONEKSI DAN REFLEKSI ANTAR MATERI MODUL 1.2

Assalamu’alaikum wr, wb. Selamat Pagi , salam bahagia buat kita semua. Yang terhormat Ibu fasil dan Bapak/ Ibu PP.

Pada tugas 1.2.a.8 Koneksi Antar Materi, saya mendapatkan kesempatan untuk memaparkan pendapat saya pada refleksi pembelajaran tentang modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Pengerak. Yang mana refleksi ini harus kami tuangkan dalam model 4P yang sudah saya lakukan pada modul 1.1 yakni model 4F, yang makna dan tujuannya sama. Pada kesempatan ini saya mencoba merefleksi kembali rangkaian pembelajaran mulai modul1,1 dan modul 1.2, antara lain sebagai berikut :

1. Peritiwa /Fact

Kita tahu bahwa tujuan pendidikan adalah memerdekakan manusia. Dimana manusia yang merdeka adalah manusia yang mampu mengendalikan dirinya dengan kekuaatan yang dimilikinya sendiri tanpa mengharapkan bantuan dari orang lain dengan terus bergantung hidup pada orang lain yang bebas dari tekanan dan bahagia dalam menjalani kehidupan.

Pendidikan juga bertujuan menjadikan murid trend centre yakni pendidikan yang mampu menuntun murid menjadi lebih baik, memberikan pelayan yang optimal pada murid agar pembelajaran menjadi berpusat pada murid yang didalamnya guru hanya sebagai fasilitator pada praktik pembelajaran murid.

Peristiwa menantang bagi saya adalah pendidikan karakter siswa yang semakin menurun dari segi budaya bertutur yakni bertutur bahasa yang baik dengan selalu mengamalkan 3S (senyum, sapa, salam) / 5 S (senyum, sapa, Salam, sopan, santun). Oleh karena itu, saya berusaha menggerakkan kembali teman-teman sejawat untuk kembali mengaplikasikan pendidikan karakter pada siswa yang selama pandemi covid hilang begitu saja.

Kaitan antara Modul 1.1 dan modul 1.2 yang saya coba pahami adalah sebagai berikut:

a. Pada modul 1.1, sebagai guru kita dituntut untuk mampu menuntun siswa menikmati pendidikan sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zamannya.

b. Pada modul 1.2 sebagai guru penggerak , terdapat Nilai dan Peran GP, yakni Nilai GP adalah pembelajaran yang berpihak pada siswa /murid, dan perannya GP adalah sebagai Pemimpin Pembelajaran yang mampu ‘bergerak dan menggerakkan’ nilai- nilai yang diharapkan yaitu berpihak pada murid ,Mandiri, Kolaboratif, Inovatif, dan reflektif.

2. Perasaan / Feelings

Sebelum saya mengikuti guru penggerak saya berpikir selama ini saya sudah melakukan praktik pembelajaran dengan baik dimana saya mampu mencapai target pembelajaran dengan mentransfer ilmu saya hingga siswa saya mencapai tujuan pembelajarannya dengan nilai baik, namun kenyataannya saya silap, saya banyak melakukan kesalahan dan kesilapan selama saya menjadi guru. Guru itu bukan hanya melakukan sejauh mana ia mampu menjadikan siswa berprestasi tapi dia mampu memerdekakan manusia disini siswa saya. Pendidikan berpihak pada muridlah yang mampu merubah karakter murid itu sendiri, murid/ siswa mampu mengekspresikan ide, opini dan mampu merefleksikan pendidikan yang mereka temukan, hal ini akan perlahan-lahan membentuk manusia merdeka , manusia yang mampu mengendalikan diri mereka dengan kekuatan yang mereka miliki tanpa bergantung dengan orang lain.

3. Pembelajaran / Findings

Setelah menelaah dan memahami dari modul 1.2 maka saya harus mampu mengubah pemikiran saya menjadi Guru yang memiliki Nilai dan Peran sesuai Filosofi Ki Hajar Dewantara yang diharapkan.

Dengan demikian, saya akan melakukan pembelajaran yang optimal yang berpihak pada siswa , mandiri, kolaboratif, inovatif, dan reflektif, saya harus mampu menjadi Coach/ mentor bagi teman sejawat saya dan berkolaborasi antar sesama warga sekolah agar tercapai Nilai dan Peran saya sebagai Guru penggerak.

4. Penerapan / Future

Penerapan ke depan atau rencana Pengembangan diri untuk menguatkan Nilai dan Peran GP mulai dari sekarang adalah :

a. Saya sudah melakukan pembelajaran yang berpihak pada siswa dengan metode pembelajaran PBL, dimana siswa menjadi trend centre.

b. Saya akan terus berkolaboratif dengan teman sejawat dan warga sekolah untuk mewujudkan Nilai GP pada siswa.

c. Mengikuti Diklat –diklat yang membangun pergerakan dunia pendidikan menjadi lebih baik.

Demikianlah pemaparan saya tentang koneksi antar materi modul 1.1 dan Modul 1.2. Terima kasih atas Bimbingan Ibu fasil dan Bapak /Ibu PP atas bimbingan dan motivasinya dan tak lupa selalu saya harapkan adalah koreksi dan perbaiakn dari Bapak/ ibu.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

26 Sep
Balas

mantap ulasannya

26 Sep
Balas

terima kasih bunda @risma dan bunda @mutamimah, saya masih tahap belajar bun, mhn petujuknya pak @dede.

16 Dec
Balas

Ulasannya memberikan pemahaman bagi pembaca. Sukses selalu Bunda

26 Sep
Balas



search

New Post