Nofa Defita,S.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
HINDARI MENCONTEK

HINDARI MENCONTEK

#Tantangan Hari Ke30, Dilema seorang Guru ketika menjalankan proses pembelajaran adalah siswa menyelesaikan latihan dengan cara bekerja sama. Kerja sama yang dimaksud bukan sama-sama memecahkan atau mencari jawaban dari kesulitan soal yang diberikan Guru, tapi kerja sama yakni sama-sama menulis jawaban dari soal latihannya sama.

Dari proses seperti ini sebenarnya guru hanya akan menilai sikap karakter jujur dari siswa-siswa mereka. peristiwa seperti ini membuat guru sulit menentukan siapa yang sebenarnya mengerjakan dengan jujur dan yang tidak jujur. Karena semua hasil kerja yang dkumpulkan sama semua satu kelas. Hal ini yang sering dialami guru-guru mata pelajaran.

Karakter jujur kita mulai dari kelas agar mereka terbiasa dengan Jujur saat di luar kelas dan lingkungan Mereka.Rasanya penting kita mencoba trik lain agar tidak terjadi lagi sikap membohongi diri sendiri dengan cara mencontek agar tugas mereka siap.

Pertama, Guru harus pahami karakter siswanya, contohnya kalau mereka lebih suka belajar dengan alam maka 'worksheet' harus lebih banyak dilakukan experiment di luar kelas.

Kedua, Guru harus menyiapkan "worksheet' dengan bentuk soal yang berbeda lebih banyak lagi, tidak fokus dengan 'worksheet' yang sama yang harus dijawab siswa satu kelas, agar peluang Mereka mencontek itu tipis.

Ketiga, Berikan limit waktu pengerjaan 'worksheet' lebih cepat dari alokasi waktu yang ada, agar siswa-siswa fokus dan berusaha cepat menyelesaikan tugas mereka.

Tidak gampang menjadi Guru yang hebat yang mampu menjadikan peserta didiknya berkarakter jujur dalam proses pembelajaran. Tapi berusaha untuk menjadikan peserta didik hebat yang berkarakter jujur itu merupakan Tantangan dari Guru yang hebat pula.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

setuju

27 Feb
Balas



search

New Post