Nopiranti

Ibu tiga anak dan Kepala Sekolah di SMP Islam Daarul Falah. Menulis adalah Me Time, terapi sederhana untuk kesehatan jiwa raga, membahagiakan diri sendiri ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menambah Kosa Kata melalui Permainan Tebak Kata
educationsupporthub.co.uk

Menambah Kosa Kata melalui Permainan Tebak Kata

Menambah Kosa Kata melalui Permainan Tebak Kata

Untuk meningkatkan semangat siswa dalam menambah kosa kata bahasa Inggris, saya biasanya mengajak mereka melakukan permainan tebak kata.

Caranya sederhana. Dari awal masuk kelas, saya minta siswa fokus memerhatikan setiap kata dan bahan bacaan yang saya jelaskan. Setelah dibahas bersama makna tersurat dan tersirat dari bacaan tersebut, selanjutnya saya minta siswa menjawab pertanyaan. Jika saya menyebutkan kata dalam bahasa Indonesia, berarti siswa harus menjawab padanan kata tersebut dalam bahasa Inggris. Sebaliknya, saat saya mengutarakan kata dalam bahasa Inggris, maka siswa harus menyebutkan persamaan kata tersebut dalam bahasa Indonesia.

Awalnya saya beri pertanyaan umum untuk seluruh kelas, boleh siapa saja menjawab. Kemudian saya beralih ke tiap barisan. Berikutnya baru saya sampaikan pertanyaan pada setiap siswa.

Untuk memancing konsentrasi dan memberi waktu pada siswa memikirkan jawaban, jarak pertanyaan satu ke pertanyaan lain saya sampaikan agak lambat. Setelah para siswa terlihat antusias, baru saya naikkan kecepatan waktu pemberian soal.

Sesekali saya ubah teknis permainan. Saya rancang seperti bermain cerdas cermat. Saya bagi siswa menjadi beberapa kelompok. Kemudian, saya beri pertanyaan wajib untuk setiap kelompok agar masing-masing kelompok punya modal nilai yang sama. Setelah semua kelompok kebagian giliran menjawab dan mendapat nilai, saya lalu sampaikan soal rebutan.

Pada bagian ini biasanya jenis soal saya tambah. Selain menyebutkan kata secara lisan, siswa juga diminta menuliskan padanan kata yang saya tulis di papan tulis dengan ejaan yang benar. Saya ingin menilai sejauh mana kekompakkan, kecepatan, ketepatan, kesopanan, kejujuran, dan empati siswa ketika bekerja dalam kelompok.

Belajar menambah kosa kata bahasa Inggris melalui permainan tebak kata memang seru. Untuk siswa dengan gaya belajar audio, dia bisa fokus menyimak kata-kata yang saya sampaikan secara lisan. Untuk yang bergaya visual, dia bisa fokus memerhatikan kata-kata yang ditulis. Sedangkan untuk siswa dengan gaya kinestetik, dia bisa belajar sambil bergerak maju menuliskan jawaban di papan tulis.

Permainan sederhana dengan peralatan seadanya, bisa juga membuat kelas hidup dan seru, lho.

Sukabumi, 25 September 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sip. Menginspirasi.

26 Sep
Balas

Sangat menginspirasi Mbaksay, menambah vocab anak-anak dengan menyenangkan

25 Sep
Balas

Sederhana, tapi bermakna. Terima kasih sudah berkenan mampir, Mbak.

25 Sep

Kwerren dan sangat mengispirasi, Sist!

25 Sep
Balas

Sederhana, tapi bermakna. Terima kasih sudah berkenan mampir, Kakak cantik.

25 Sep

Keren, Bu Ranti.

26 Sep
Balas

Bu Diana sayang, terima kasih banyak koreksinya untuk tulisan saya. Love you, Ibu.

26 Sep

Mantap, sangat menginspirasi.

25 Sep
Balas

Sederhana, tapi bermakna. Terima kasih sudah berkenan mampir ya, Mbakku.

25 Sep

Luar biasa, Bu Nopi. Sangat bermanfaat.

26 Sep
Balas

Keren Bu Novi....menginspirasi

26 Sep
Balas



search

New Post