Nopiranti

Ibu tiga anak dan Kepala Sekolah di SMP Islam Daarul Falah. Menulis adalah Me Time, terapi sederhana untuk kesehatan jiwa raga, membahagiakan diri sendiri ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tugas Menyunting Naskah Kelas Self Editing IPP Jatim
MediaGuru

Tugas Menyunting Naskah Kelas Self Editing IPP Jatim

Tugas Menyunting Naskah Kelas Self Editing IPP Jatim

Sudah dua malam ini saya mengikuti kelas daring Self Editing via zoom yang diadakan oleh Ikatan Penulis Jawa Timur (IPP Jatim). Nara sumber pelatihan ini yaitu pemimpin redaksi MediaGuru, Pak Eko Prasetyo.

Pada pertemuan pertama, Pak Eko menyampaikan materi tentang pentingnya Self Editing atau swasunting dan langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan ketika melakukan swasunting. Di malam kedua, nara sumber membahas tentang modal awal swasunting dan parafrasa.

Di akhir pertemuan malam kedua tadi, Pak Eko memberi tugas kepada semua peserta untuk menyunting sebuah naskah yang beliau ambil dari blog gurusiana.

Berikut saya sertakan teks asli yang belum saya sunting dan teks akhir hasil saya belajar menerapkan ilmu tentang swasunting.

(Teks asli sebelum disunting)

TUGAS MENYUNTING

KELAS SWASUNTING

IPP JATIM

Purna Siswa Kelas IX Awal Menuju Masa Depan yang Sukses dan Berakhlaqul Karimah (H-1240)

14 Jun @Kolom

Oleh: Ahmad Syaihu

Sumber: Blog Gurusiana

Rabu pagi 14 Juni 2023 bertempat di Hall Victoria Gedung Srijaya Surabaya berlangsung acara Purna Siswa Kelas IX MTsN 4 Kota.

Acara dibuka oleh Kepala Madrasah H. Choirur Roziqin, S.Ag., M.Pd berlangsung secara khidmat dikuti oleh 270 siswa kelas 9A-9H, disaksikan oleh wali siswa dan undangan

Diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia dilanjutkan menyanyikan lagu Mars Madrasah yang diikuti oleh seluruh peserta dan undangan, termasuk Kepala Kementerian Agama Kota Surabaya Dr.H.Pardi, M.HI yang hadir untuk memberikan pembinaan.

Acara dilanjutkan dengan Prosesi Wisuda Purna Siswa, dimana siswa maju satu persatu menuju Panggung Kehormatan untuk menerima Map Ijazah dari Wali Kelas masing-masing, kemudian menuju ke Kepala Madrasah untuk bersalaman dan berfoto.

Acara prosesi Purna Siswa berlangsung hampir 1,5 jam yang diikuti dengan penuh khidmat dan gembira oleh seluruh peserta dengan disaksikan oleh seluruh keluarga dan undangan lainnya yang hadir pagi ini.

Setelah acara prosesi wisuda acara diselingi dengan hiburan dengan tema Indahnya Indonesia Laksana Zamrud Katulistiwa yang menampilkan kolaborasi tari dari seluruh Indonesia, ada tari Remo khas Jawa Timur, Tari Serampangg 12, Tari , Tari Ular, Tari Saman dan tarian lainnya yang mencerminkan keragaman budaya Nusantara

Makna Purna Siswa Bagi Siswa MTsN 4 Kota Surabaya

1. Sebagai perwujudan rasa syukur atas keberhasilan selama belajar di jenjang MTs dan dinyatakan lulus 100 %

2. Bukan akhir tapi awal menuju pendidikan ke jenjang selanjutnya

3. Sebagai pijakan untuk menatap masa depan yang lebih baik dengan melanjutkan pendidikan ke SMA/SMK/MA atau ke Pondok Pesantren.

Guru MTsN 4 Kota Surabaya sebelum acara Purna Siswa (foto dokpri)

4. Semoga para alumni bisa menjadi generasi emas Indonesia di masa depan.

5. Alumni Madrasah adalah siswa yang hebat bermartabat, Mandiri Berprestasi dan berakhlaqul karimah

Istanaku, 14 Juni 2023

(Teks setelah disunting)

Purna Siswa Kelas IX Awal Menuju Masa Depan yang Sukses dan Berakhlaqul Karimah (H-1240)

14 Jun @Kolom

Oleh: Ahmad Syaihu

Sumber: Blog Gurusiana

Rabu pagi, 14 Juni 2023, bertempat di Hall Victoria Gedung Srijaya Surabaya berlangsung acara Purna Siswa Kelas IX MTsN 4 Kota Surabaya.

Acara dibuka oleh Kepala Madrasah, H. Choirur Roziqin, S.Ag., M.Pd. Acara yang berlangsung khidmat ini dikuti oleh 270 siswa kelas 9A-9H dan disaksikan oleh wali siswa dan undangan.

Prosesi diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Madrasah oleh seluruh undangan. Dalam acara purna siswa ini, Kepala Kementerian Agama Kota Surabaya Dr.H.Pardi, M.HI. juga turut hadir untuk memberikan pembinaan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Prosesi Wisuda Purna Siswa. Para siswa maju satu persatu menuju panggung kehormatan untuk menerima map ijazah dari wali kelas masing-masing. Setelah itu mereka menghadap Kepala Madrasah untuk bersalaman dan berfoto.

Rangkaian prosesi Purna Siswa berlangsung hampir 1,5 jam yang diikuti dengan penuh khidmat dan gembira oleh seluruh peserta dan tamu undangan.

Setelah prosesi wisuda, acara dilanjutkan dengan hiburan yang mengusung tema Indahnya Indonesia Laksana Zamrud Katulistiwa yang menampilkan kolaborasi tari dari seluruh Indonesia. Di antaranya ada tari Remo khas Jawa Timur, Tari Serampang 12, Tari Ular, Tari Saman dan tarian lainnya yang mencerminkan keragaman budaya Nusantara.

Makna Purna Siswa bagi para siswa MTsN 4 Kota Surabaya merupakan perwujudan rasa syukur atas keberhasilan belajar selama 3 tahun dan dinyatakan lulus 100 %, awal menuju pendidikan ke jenjang selanjutnya, dan sebagai pijakan untuk menatap masa depan yang lebih baik.

Semoga para alumni bisa menjadi generasi emas Indonesia yang mandiri, berprestasi, dan berakhlaqul karimah di masa depan.

Istanaku, 14 Juni 2023

Wah, ternyata tidak mudah ya menyunting sebuah naskah itu. Diperlukan ketelitian dan kesabaran untuk menyimak tanda baca, pilihan kata, dan keselarasan ide.

Masih ada satu hari lagi pelatihan.Saya siap menyimak dan menyerap materi sebaik-baiknya, Pak Pemred. Tabik.

Sukabumi, 24 Juni 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantab mbak Nopi. Smg lolos seleksi menjadi penyunting MediaGuru Indonesia. Aamiin ...

24 Jun
Balas

Masih banyak keliru tulis ternyata, Bu. Siap belajar, belajar, dan berlatih terus. Aamiin yaa rabbal aalamiin. Terima kasih banyak, Ibu. Semoga Allah meridai ya.

02 Jul



search

New Post