Nova Erita

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Jangan Takut Salah

Kepercayaan diri harus ditanamkan sejak dini. Terutama bagi para siswa. Mengapa? Karena jika tidak memiliki rasa percaya diri, siswa akan merasa tidak akan mampu melakukan apa pun. Mereka merasa tidak bisa mengerjakan apa-apa.

Ketika berhadapan dengan siswa di kelas, banyak hal yang kita temui. Contohnya, saat tugas diberikan kepada mereka, ada seorang atau beberapa orang yang ketika ditanya "Mana tugasnya" Mereka melontarkan jawaban, "Salah Buk?". Jawaban yang disampaikan secara spontan tanpa tedeng aling-aling.

Peristiwa ini pernah saya alami. Hal seperti ini terjadi karena siswa tidak memiliki rasa percaya diri. Perasaan yang muncul saat seseorang tidak punya keyakinan bahwa ia memiliki potensi dan kemampuan.

Menggali potensi yang dimiliki penting dilakukan oleh semua orang agar kita, khususnya para siswa tidak takut lagi ditertawakan, tidak takut dicemooh, tidak takut diremehkan, dan ketakutan-ketakutan lainnya. Siswa menjadi percaya diri untuk mengapreasikan dirinya, memiliki kemampuan untuk menyampaikan sesuatu di depan orang banyak, dan tidak akan ada lagi yang mengatakan "Saya tidak bisa, saya tidak mampu, saya tidak pandai", dan kalimat senada lainnya.

Oleh sebab itu kita harus memiliki keyakinan bahwa kita mampu dan bisa melakukan sesuatu, agar tidak ada lagi kalimat siswa "Salah Buk", ingat, Jangan takut salah, sebelum kita mencoba dan berusaha.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Saya sangat setuju. Salam literasi

13 Mar
Balas

Makasih Pak

13 Mar
Balas

makasi Buk

14 Mar
Balas

Hebat ibuk

13 Mar
Balas

Hebat ibuk

13 Mar
Balas

Hebat ibuk

13 Mar
Balas



search

New Post