Novianti

Guru Seni Budaya di SMPN 2 Haurgeulis kab. Indramayu Mulai serius menulis artikel atau buku di tahun 2016, sejak bertemu guru-guru hebat di ajang lomba inovasi...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pameran Seni cita rasa Matematika

Pameran Seni cita rasa Matematika

Kegiatan pameran seni rupa di sekolah-sekolah mungkin sudah biasa. Termasuk di sekolah kami hampir setiap tahun mengadakan pameran seni rupa khususnya siswa-siswi kelas IX sebagai salah satu rangkaian kegiatan praktik mata pelajaran Seni Budaya. Namun di sekolah kami SMPN 2 Haurgeulis Kab.Indramayu kemarin hari sabtu tanggal 15 April 2017 mengadakan pameran yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Apa sih yang membedakannya ?

Pameran kali ini bertema "PAMERAN GEOMETRIS GRIDALIS" lho ko ada geometris sepertinya pelajaran Matematika nyasar di pameran seni rupa. Ya pameran ini mengambil tema Geometris karena memang karya-karya yang dipamerkan mengambil bentuk-bentuk dasar geometris. Adapun Gridalis adalah kepanjangan dari Negeri dua Haurgeulis.

Masing-masing kelas memiliki sub tema yang berbeda antara lain : kelas IX A (bola) maka karyanya sebagian besar berwujud seperti bentuk bola atau lingkaran, kelas IX B (kubus), karya yang dipamerkan bentuknya kotak-kotak kubus dengan variasi ukuran dan bentuk namun tetap bentuk dasarnya seperti kubus misalnya boneka kubus, kelas IX C (Kerucut) karya yang ditampilkan bentuk dasarnya kerucut, ada boneka kerucut, topi kerucut, angry bird kerucut, kelas IX D (Silinder/tabung) mebuat karya dari kaleng, wadah-wadah plastik bentuk tabung menjadi karya seni terapan, kelas IX E (balok) menampilkan karya dengan bentuk dasar persegi panjang dan balok, kelas IX F (limas) menampilkan karya yang bentuk dasarnya menyerupai bentuk limas, seperti pohon cemara kertas, menara Eifel dan piramid dari lem tembak, origami limas, dan lain sebagainya.

Kegiatan ini digerakan oleh guru seni Budaya (penulis-red). Semua siswa kelas IX dari A-F adalah sebagai peserta sekaligus sebagai panitia acara pameran. mereka semua bekerjasama dengan penuh semangat walaupun di tengah kesibukannya mempersiapkan diri menghadapi ujian Sekolah maupun Ujian Nasional. Pameran ini dibuka pada pukul 09.00 WIB di ruang kelas IX C,D dan E oleh bapak Sukana, S.Pd.,M.Pd selaku kepala sekolah dengan memberikan kata sambutan serta pengguntingan pita di pintu masuk.

Kegiatan pameran ini dihadiri bapak/ibu guru, staf administrasi sekolah, siswa/i kelas VII , VIII dan tamu undangan dari perwakilan osis SMP terdekat, murid-murid SD kelas 6 beserta guru kelasnya. Dengan harapan mereka yang mengunjungi pameran dapat mengapresiasi hasil karya siswa/i kelas IX serta dapat memberikan kritik, saran, pesan dan kesannya kepada panitia pameran. Agar pameran tahun depan dapat berjalan lebih baik lagi.

Geometri (Yunani Kuno: γεωμετρία, geo-"bumi",-metron "pengukuran") adalah cabang matematika yang bersangkutan dengan pertanyaan bentuk, ukuran, posisi relatif gambar, dan sifat ruang. Seorang ahli matematika yang bekerja di bidang geometri disebut ahli ilmu ukur. (sumber https://id.wikipedia.org/wiki/Geometri)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post