Novianti

Guru Seni Budaya di SMPN 2 Haurgeulis kab. Indramayu Mulai serius menulis artikel atau buku di tahun 2016, sejak bertemu guru-guru hebat di ajang lomba inovasi...

Selengkapnya
Navigasi Web

Seperti di Negeri Dongeng

Hari ini menginjak tanah di negara Swiss tepatnya di kota Luzern. Kota di Eropa yang sebagian besar penduduknya berbahasa Jerman ini sungguh bersih, bersih cemerlang atau 'kinclong' di bandingkan kota London apalagi Paris. London memang bersih, namun masih nampak sedikit kucel, di Paris bahkan lebih kotor mungkin terlalu banyak wisatawan yang berkunjung dan membuang sampah sembarangan.

Ketika mencoba menelusuri kota indah ini, matahari bersinar cukup terik. Melewati jembatan Munsterbrucke di kota Zurich kurang lebih 50 km dari Luzern nampak sungai mengalir di bawahnya berwarna biru kehijauan. Indah sekali dari jauh nampak pegunungan yang mengelilingi kota tersebut. Diujung jembatan sebelah kiri berjejer restaurant/rumah makan yang ramai dikunjungi wisatawan maupun penduduk lokal.

Saya mencoba mendekati air sungai karena penasaran. Ternyata sungai ini tidaklah indah dari jauh saja, dari dekat lebih indah ... mengapa? Sungai ini airnya jernih sekali. Tidak ada sampah di dalam atau diatasnya. Bahkan daun pun tak nampak. Angsa dan bebek berenang dengan riang.

Di sekitar nampak bangunan seperti gereja, puri dan rumah khas di Eropa dengan jalanan berlantaikan batu kotak-kotak tersusun rapih. Ada pula beberapa jenis bunga yang bermekaran di taman dan di dalam pot, penasaran kembali saya dekati. Asli ternyata bukan bunga plastik.

Pemandangan ini mirip dengan ilustrasi maupun cerita dalam buku-buku dongeng yang pernah dibaca ketika masih SD dulu.

Luzern city , 4 July 2017

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

sungguh beruntung bu Novita bisa merasakan pengalaman yang dahsyat di tanah Eropa. Terima kasih sudah berbagi. Oh ya, suatu saat, artikel ini bisa diedit dan dilengkapi lagi dengan foto-foto pendukung untuk menambah daya imajinasi pembaca. Luar biasa. Kereeeen

05 Jul
Balas

Mau upload photo nya td mlm no susah ya?

05 Jul

Kerrennn....bu

07 Jul
Balas

Haturnuhun bu

08 Jul

Wah Novianti luar biasa. Pengalamannya hebat. Terima kasih sudah berbagi cerita ya bu.

05 Jul
Balas

Sama 2, tq apresiasinya

08 Jul

@all terimakasih atas apresiasinya Maaf jika slow respon, nunggu wifi gratisan he he ....

05 Jul
Balas

Selalu sy tunggu reportase terbarunya. Menarik Bu.

05 Jul
Balas

Ok, tq apresiasinya

08 Jul

Mantap bu...

05 Jul
Balas

Terimakasih

08 Jul

Seakan ikut bersama di Jerman. Penggambaran yang sip.

05 Jul
Balas

Semoga dpt ke Jerman jg :-)

08 Jul



search

New Post