Nasrul Ngarif

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Dan Hanya Kepada Tuhanmulah Berharap

Dan Hanya Kepada Tuhanmulah Berharap

Hal ini dilakukan, karena akhir pengharapan atau doa tidak layak kita sandarkan kepada makhluk apalagi manusia nanti yang ada hanyalah kecewa. Hakikat yang menentukan adalah Allah SWT Tuhan Yang Maha Segalanya dan makhluk adalah perantara diantara dikabulkannya doa-doa kita. Apabila kita membutuhkan bantuan dari seseorang maka kita berharapnya kepada Allah, kita memohon agar Allah membukakan hatinya. Jangan berharap langsung kepada dia, karena hati manusia berubah-ubah. Hari ini dia mengiyakan, besok mengatakan tidak. Berdoa juga harus diselaraskan dengan hati dan perbuatan, artinya ketika doa kita untuk kebaikan maka perbuatan kita arahkan kepada yang baik-baik saja. Ketika doa untuk dipermudah rizqi maka disamping etos kerja ditingkatkan disertai memperbanyak sedekah, dan silaturahmi.

Ali Bin Abi Thalib menantu Nabi SAW dan suami Fatimah Azzahra pernah berkata, "Aku sudah merasakan semua kepahitan hidup, dan yang paling pahit adalah berharap kepada manusia". Hal tersebut mengingatkan bahwa, manusia yang selalu kita jadikan tumpuan untuk bersandar tidak akan pernah bisa menolong kita tanpa seijin Allah. Karena pada kenyataannya semua manusia itu sama, manusia itu bersifat lemah dan tidak memiliki kekuatan, kecuali atas pertolongan Allah.

Pada dasarnya, kita itu terlahir sendiri dan matipun sendiri. Karena itu kita harus belajar untuk tidak bergantung kepada makhluk, termasuk kepada pasangan, harta dan tahta. Jadi kita berharap hanya kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa. وَإِلَىٰ رَبِّكَ فَارْغَبْ dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap. (QS. Al-Insyirah : 8)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Hasbunallah wa nikmal wakiil, nikmal maula wa nikman nashiir

24 Sep
Balas

La haula wala quwwata illa billahilaliyyi'adzim, thnks Bu zuyyinah

26 Sep

Sper sekali, tks ustadz.

24 Sep
Balas

Terima kasih Pak Rochadi bimbingannya salam literasi

26 Sep

Sper sekali, tks ustadz.

24 Sep
Balas

Tadz, super or marlboro ?

24 Sep
Balas

Super Ust.Umar

26 Sep

Super Ust.Umar

26 Sep



search

New Post