Nasrul Ngarif

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Ihram Tidak Berjahit

Siapa yang sudah pernah kesana pasti rindu ingin kembali mengulanginya. Siapa yang belum pernah pasti merindukan agar dapat melaksanakannya. Ya, berziyarah ke Baitulloh Makkah Al-Mukarromah, Shalat di Hijr Ismail, Thawaf di depan Kabah dan mengunjungi makam Nabi Muhammad SAW di Raudoh AnNabawi Madinah Al-Mukarromah dengan mengenakan pakaian ihram tentunya. “Dari Abdullah bin Umar Ra. bahwasanya ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah, “wahai Rasulullah, pakaian apa yang seharusnya digunakan oleh orang yang sedang berihram (haji atau umrah)?” Rasulullah bersabda, “tidak boleh mengenakan gamis (kemeja), serban, celana panjang, peci (kopiah) dan sepatu kecuali bagi yang tidak mendapatkan sandal, maka dia boleh mengenakan sepatu. Syekh Ali Ahmad al-Jurjawi dalam kitabnya Hikmat at-Tasyri’ wa Falsafatuhu menuturkan sekurang-kurangnya ada dua hikmah perihal dilarangnya menggunakan pakaian berjahit saat ihram.

Pertama, menggunakan pakaian (kain) yang tidak berjahit saat ihram menunjukkan bahwa manusia saat itu berada di posisi yang tinggi derajat ketawadukannya kepada Allah Ta’ala. Hal ini dikarenakan, saat kondisi tersebut seakan-akan manusia berkata : “wahai Tuhanku, ini diriku yang tidak memiliki apapun dihadapan-Mu, sesungguhnya Engkau pemilik segala sesuatu baik yang sudah ada ataupun yang akan ada, ini diriku menghadap kepada-Mu sama seperti di hari ibu melahirkan diriku, tidak ada di sisiku apapun barang-barang dunia kecuali apa yang digunakan untuk menutupi auratku”.

Kedua, dilarangnya mengenakan pakaian (kain) yang berjahit mengindikasikan bahwa hal itu serupa (disamakan) dengan bayi yang baru lahir dimana tidak menggunakan (pakaian) apapun yang berjahit. Hal ini bermaksud bahwasanya orang yang sedang ihram tersebut tidak memiliki apa-apa dari harta dunia karena segala sesuatu adalah hanya milik Allah semata. Semoga kita selalu ingat dan dzikir bahwa tiada daya, upaya dan kekuatan terjadi kecuali atas izin Allah SWT.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak. Salam literasi

30 Sep
Balas

Terima kasih Pak Dede. Salam literasi.

30 Sep

Mantap ulasannya. syukuran Ustadz.

30 Sep
Balas

Sama-sama Bapak salam literasi

01 Oct

ihram with harim

30 Sep
Balas

Aamiin Ust Umar

30 Sep



search

New Post