NUNUK IKHTIARINI

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

PENDIDIKAN KARAKTER (3)

Setiap guru pasti menginginkan yang terbaik untuk anak didik nya, sudah pasti. Dalam dunia pendidikan tidak hanya focus kepada kemajuan akademik siswa, namun yang perlu ditekankan adalah IMTAQ dan pembentukan karakternya. In syaa allah, jika kedua poin penting itu bisa jalan, prestasi akademik akan muncul dengan sendiri nya.

Sebagai seorang pendidik, saya paling suka memperhatikan siswa yang mengalami kekurangan, baik dalam akademik maupun dalam hubungan dengan sebaya nya. Siswa yang pintar tetap dibimbing sesuai dengan kemampuannya, tapi tidak terlalu saya istimewakan. Saya focus ke siswa yang masih kurang. Di setiap angkatan, paling tidak ada 2-4 anak yang istimewa tersebut.

Di setiap pembelajaran, mendorong siswa tersebut untuk berani tampil di depan kelas, sesekali bekerja kelompok dengan yang lebih pintar. Menunjuknya untuk menjawab pertanyaan dan memberikan pujian atas keberaniannya. Lebih banyak reward berupa pujian, bukan materi. Apapun hasilnya, tetap saya apresiasi untuk keberaniannya.

Memang tidak mudah dan butuh waktu. Namun sudah menjadi komitmen saya sebagai guru, yang juga mempunya pengalaman waktu kecil dengan keterbatasan. Tidak ada yang tidak mungkin untuk dilakukan.

Pada prinsipnya, belajar adalah dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang bodoh menjadi pintar, dari yang kurang percaya diri menjadi percaya diri.

Lambat laun, siswa tersebut akan muncul keberaniannya untuk tampil, menjadi tertarik dengan pelajaran. Siswa ke sekolah tidak membawa beban, tapi akan merasa senang bertemu dengan guru dan temannya. Tentu dengan model pembelajaran apapun, siswa akan merasa senang, sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai dengan sendirinya.

Kebahagiaan siswa adalah kebahagiaan seorang guru.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

"Kebahagiaan siswa adalah kebahagiaan seorang guru." Setuju bu. Siswa berhasil, guru senang.

21 Jul
Balas

Alhamdulillah, semoga bisa menjadi guru yg baik

21 Jul

Cita2 mulia. Sip..

21 Jul
Balas

Terima kasih, pak

21 Jul

Inspiratif. Tumbuhkan percaya diri

21 Jul
Balas

Itu yg utama,pak

21 Jul



search

New Post