nunung listyani

Nunung Listyani, Guru di SMP Negeri 2 Karangrejo Kab. Magetan Jawa Timur....

Selengkapnya
Navigasi Web
BATIK CIPRAT GEPYOK DESA GEBYOG

BATIK CIPRAT GEPYOK DESA GEBYOG

#GERAKLITERASIKHASMAGETAN

Suatu hari di siang bolong seorang teman menelpon menanyakan lokasi Desa Gebyog tempat batik handmade dihasilkan. Tentu saja saya kaget dan tidak percaya, “masa ada ya”? jawabku, karena Desa Gebyog adalah tetangga desa, supaya tidak penasaran akhirnya saya langsung menuju lokasi yang tidak jauh dari rumah saya, kira kira 3 menit saja sudah sampai di tujuan.

Ternyata benar adanya, di Desa Gebyog tempat produksi batik ciprat, dan batik ciprat ini baru saja dibuka oleh Bapak Bupati Magetan yaitu Bapak Dr.Drs H.Suprawoto, S.H., M.Si..pada Hari Rabu tanggal 18 Desember 2019 yang lalu.

Batik Ciprat Gepyok berlokasi di Desa Gebyog Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan Jawa Timur. Untuk menuju lokasi ini susah susah gampang karena Desa Gebyog letak desanya masuk ke dalam. Untuk menuju Desa Gebyog lokasi batik Ciprat Gepyok, bisa melalui Pasar Karangrejo/Glodog ke arah Barat lurus sampai ke simpang empat atau perempatan Desa Geplak, Desa Pelem dan Desa Gebyog kemudian belok ke Utara lurus sampai ke perempatan PAUD belok kiri kira kira 50 meter sebelah utara menghadap ke selatan.

Batik Ciprat Gepyok Desa Gebyog menyediakan bermacam macam motif batik ciprat dengan beraneka warna tentunya, dengan ukuran kain panjang 2,10 meter dan lebar 1,15 meter, ada juga ukuran panjang 3 meter dengan lebar 1,15 meter. Harga kain berkisar 150 ribu s.d 200 ribu untuk ukuran 2,10 meter dan 225 ribu untuk ukuran 3 meter.

Batik ciprat ini didirikan oleh Dinas Sosial Kabupaten Magetan bekerja sama dengan Dinas Sosial Temanggung Jawa Tengah. Dalam sehari batik ciprat ini bisa dihasilkan 10 sampai 15 potong, tergantung keadaan cuaca, namun apabila suasana mendung apalagi hujan dalam sehari tidak bisa menghasilkan. Batik ciprat ini dikerjakan oleh19 orang karyawan disabilitas dari berbagai desa yaitu Desa Gebyog 9 karyawan, Desa Pelem 3 karyawan, Desa Prampelan 2 karyawan, Desa Kauman 1 karyawan, Desa Sobontoro 1 karyawan, Desa Patihan 1 karyawan, dan Desa Geplak 2 karyawan, dan 5 pendamping yaitu 1 dari pihak Dinas Sosial Kabupaten Magetan, 1 dari Dinas Sosial Kabupaten Temanggung Jawa Tengah, satu Kepala PAUD Desa Gebyog, dan 2 kader yang berasal dari Desa Gebyog.

Batik Ciprat “Gepyok” yang ada di Desa Gebyog ini sudah cukup terkenal lo…terbukti sudah banjir orderan dari berbagai instansi. Kalau menginginkan beli satu atau dua biji sudah ready di tempat, tapi kalau menginginkan lebih banyak misal untuk seragam kantoran harus pesan dulu ya…. kira kira 2 bulan baru ready. Makanya jangan tunggu lama lama ya…terutama kita yang tinggal di wilayah kabupaten Magetan khususnya wilayah Kecamatan Karangrejo jangan sampai ketinggalan dan pesan sekarang juga.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post