nunung listyani

Nunung Listyani, Guru di SMP Negeri 2 Karangrejo Kab. Magetan Jawa Timur....

Selengkapnya
Navigasi Web
RAWON

RAWON

Tantangan hari ke-27

#TantanganGurusiana

 

Rawon, siapa yang tidak kenal dan tidak suka dengan menu pendamping nasi ini, mungkin kebanyakan masyarakat dari propinsi lain masih asing dengan masakan khas Jawa Timur ini, tapi bagi masyarakat Jawa terutama Jawa Timur masakan ini sangat terkenal dan selalu dicari.

Masakan berbahan daging sapi ini sangat lezat dan sangat nikmat sebagai pendamping nasi dan dinikmati panas panas bersama emping mlinjo sebagai pemeriahnya. Tapi yang khas dari rawon ini adalah adanya bumbu kluwak/kluwek yang membuat rawon berwarna hitam. Karena kuahnya berwarna hitam, orang  yang belum mengenal  rawon tentu  akan merasa jijik apabila ingin menikmatinya, tapi kalau sudah mengenalnya akan dibuat ketagihan oleh rawon.

Penyajian rawon secara lengkap yaitu nasi disiram dengan rawon ditambah dengan lalap taoge mentah, sambal terasi dan emping mlinjo. Ada cerita menarik yang akan saya sampaikan mengenai rawon dalam tulisan saya ini.

Saat itu saya masih tinggal di Kota Padang Sumatra Barat, suatu saat ada arisan anjangsana ibu ibu warga komplek se RT di rumah saya. Tentu saja sebagai tuan rumah pasti bingung akan menyajikan apa untuk acara ini. Apalagi akan kedatangan tamu se RT tentu saya mikir harus menyajikan menu yang lezat dan tidak kalah dengan tetangga lain. Setelah pikir pikir akhirnya saya memutuskan akan memasak rawon. Hal pertama yang harus saya lakukan adalah mencatat daftar belanja untuk keperluan bahan masakan rawon. Ternyata dari semua daftar belanja cukup mudah dicari kecuali kluwak/kluwek, di pasar raya Kota Padang tidak ada yang menjual bumbu kluwak/kluwek tersebut bahkan mereka tidak tahu, tentu saja hal ini membuat saya pusing. Ada tetangga yang berasal dari Jawa menyarankan saya untuk mencari di Mall saat itu Matahari, Alhamdullilah ada, tapi sempat merasa lucu juga kluwak adanya di matahari.

Tibalah acara arisan anjangsana ibu ibu itu tiba, tamu yang terdiri ibu ibu itu kumpul di rumah saya. Setelah acara arisan selesai menginjak acara ramah tamah yang diisi dengan saling cerita dan berbagi lmu serta pengalaman, pada acara ini suguhan  yakni nasi rawon keluar. Ternyata  ibu ibu merasa asing dengan masakan rawon tadi, ibu ibu merasa jijik dan enggan untuk makan karena kuahnya berwarna hitam tadi. Setelah ditunjukkan bahan dan bumbunya, baru ibu ibu itu bersedia untuk makan.  Dan setelah tahu rasanya ibu ibu benar benar menikmati nasi rawon dan tentu saja ketagihan minta dibuatkan lagi kalau di rumah saya ada acara. 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Suka banget rawon ...

28 Feb
Balas

Suka banget rawon ...

28 Feb
Balas



search

New Post