NUNUNGNUR, M.Pd - GURU TATA BOGA

Guru Tata Boga di SMKN 2 Subang Propinsi Jawa Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web
Table Manner di Hotel Golden Flower Bandung

Table Manner di Hotel Golden Flower Bandung

Kegiatan table manner ini sebenarnya rutin setiap tahun kita laksanakan namun sehubungan dengan pandemic covid 19 kami harus pending selama 2 tahun. Kegiatan ini merupakan program sekolah dengan pihak industry yakni perhotelan. Baru sekarang ini terlaksana kegiatan tersebut tepatnya tanggal 24 Desember 2022.

Table manner adalah etika makan di meja makan, bagaimana sikap tubuh yang baik saat menyantap hidangan dengan peralatan saji dan hidang yang berjejer di meja lalu cara memotong makanan nya pun ada aturannya bahkan cara memasukkan makanan ke mulut pun harus ada aturannya. Jangan sampai salah menggunakan alat makan karena di area meja makan terdapat beberapa jenis peralatan makan mulai dari sendok, garpu dan pisau. Semuanya berbeda jenis, bentuk dan fungsi.

Begitu juga dengan jenis makanan nya yang terdapat 4 jenis yang dihidangkan secara bergantian dan harus berurutan mulai dari appetizer, soup, main course dan dessert. Semua nya harus bergantian satu per satu dan harus sesuai urutannya. Appetizer adalah makanan pembuka, biasanya berupa salad, porsinya kecil berfungsi untuk membangkitkan selera makan. Setelah itu hidangan soup yaitu jenis hidangan berkuah biasanya rasanya creamy lalu dilanjut dengan main course atau makanan utama terdiri dari hidangan karbohidrat berupa kentang, jagung atau pasta sementara proteinnya adalah hidangan lauknya berupa steak (beef, chicken, fish/seafood) lalu ada side dishes berupa sayuran yang ditumis. Hidangan terakhir adalah dessert atau hidangan penutup, biasanya rasa nya manis, porsi kecil, disajikan dingin.

Seru juga kegiatan table manner ini disertai canda tawa namun tidak mengurangi makna dari table manner nya itu sendiri. Banyak terselip pengetahuan dan ilmu yang diberikan oleh pihak hotel.

Walaupun makan dengan empat hidangan komplit namun tetap kalau ga makan nasi serasa belum afdol gitu ya hehehehe

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Haha...itu saya banget, Bu. Kalau belum, makan nasi, berarti belum makan. Salam sukses selalu.

31 Dec
Balas

hohoho ternyata kita senasib y, salam sukses selalu Bu Cicik

01 Jan

Ulasan yg mencahkan Bund. Jadi tahu aturan makan. Salm seht dan sukses sll

30 Dec
Balas

Terimakasih banyak bun, salam sukses selalu

30 Dec
Balas



search

New Post