Nur Adzimah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Meningkatkan Motivasi Belajar dengan Galalery Work

Best Practice

Lokasi : SMA NEGERI 1 GUNTUR

Lingkup pendidikan Sekolah Menengah Atas

Tujuan yang ingin dicapai: Meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning strategi gallery walk pada materi Barisan Geometri

Penulis : Nur Adzimah, S.Pd.

Tanggal 10 januari 2023

Kondisi yang melatar belakangi masalah adalah masih kurangnya motivasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.

Hal ini terlihat ketika:

1. peserta didik kurang antusias saat pembelajran matematika

2. peserta didik menganggap matematika pelajaran yang sulit dan membosankan

3. peserta didik kurang terlibat untuk belajar bersama kelompok

4.peserta didik belum maksimal ketika diberikan tugas untuk dikerjakan. Terlihat dari tugas yang diberikan peserta didik belum menuntaskan sepenuhnya tugas yang diberikan secara menyeluruh

5. pendidik masih menggunakan metode ekspositori sehingga kegiatan pembelajaran masih monoton karena hanya berpusat pada pendidik.

Praktik ini penting untuk dibagikan agar dapat dijadikan referensi bagi para pendidik yang mengalami permasalahan yang sama dengan harapan bisa menjadi salah satu solusi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permaslahan pembelajaran yang dihadapi.

Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah sebagai peneliti dalam mengidentifikasi permaslahan yang terjadi selama proses belajar mengajar dikelas dan mencari solusinya. Setelah meneliti dan menemukan solusi dari permasalahan tersebut yaitu dengan memilih model pembelajaran Problem Based Learning strategi galery walk dengan bantuan LKPD. Saya bertangung jawab melaksanakan solusi yang saya pilih untuk menyelesaikan permasalahan pembelajaran tersebut sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Dengan dilaksanakan praktik ini diharapkan dapat menyelesaiakan permaslahan pembelajaran yang ada dan dapat tercapai tujuan pembelajaran yang diharapkan

Yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut adalah:

1. Menciptakan pembelajran yang menyenangkan bagi peserta didik dengan menggunakan media, metode, dan model pembelajaran yang inovatif yang sesuai dengan materi dan karekteristik peserta didik

2. Dalam penerapannya membutuhkan banyak waktu. mengingat karena model pembelajaran yang saya pilihbelum pernah diterapakan sebelumnya.

3.Penyesuaian jam mengajar dan jadwal PPL yang akan dilaksanakan.

4. Pendidik harus bisa menumbuhkan motivasi belajar peserta didik melalui proses pembelajaran yang menyenangkan

Siapa saja yang terlibat:

1. Peserta didik sebagai objek

2. Dosen pembimbing dan Guru pamong

3. Kepala sekolah

4. Rekan sejawat sebagai juru kamera

Langkah- langkah yang harus di lakukan oleh pendidik sesuai tantangan yang dihadapi antara lain:

-Pemilihan Media, Metode, model Pembelajarana.

-Menyusun perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP, LKPD, Media, Asesmen dan bahan ajar

strategi yang digunakan

- strategi yang digunakan pendidik dalam pemilihan model pembelajaran adalah dengan memahami kekarakteristik peserta didik dan karekteristik materi. disini pendidik memilih model pembembelajaran PBL dengan strategi galery walk

- Strategi yang dilakukan pendidik dalam pemilihan media pembelajaran adalah dengan memilih media pembelajaran yang dirasa tepat dan sesuai dengan materi pelajaran juga sesuai karakteristik peserta didik.

- Strategi yang dilakukan pendidik dalam pemilihan metode pembelajaran adalah memilih metode pembelajaran yang akan digunakan adalah Ceramah, Penugasan,Tanya-Jawab dan Diskusi.

- Pendidik dalam meningkatkan motivasi peserta didik adalah dengan merancang pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

Sumber atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi dalam kegiatan PPL : diskusi dengan dosen, guru pamong maupun teman mahapeserta didik selama kegiatan pembelajaran inovatif dengan mencari refrensi maupun media informasi yang ada diinternet

Dampak dari aksi dan langkah langkah yang dilakukan dirasa hasilnya efektif dan dapat dilihat dari

· Penggunaan Media PPt dengan video animasi sangat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran.

· Pemilihan Metode dan strategi yang variatif sangat efektif untuk meningkatkan keaktifan peserta didik.

· Pemilihan Model pembelajaran PBL menumbuhkan berfikir kritis peserta didik terlihat dari tanggapan dan jawaban yang dilontarkan pendidik saat pembelajaran

Respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan:

· Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah sangat senang, bisa dilihat saat kegiatan refleksi akhir pembelajaran peserta didik memberikan refleksi bahwa pembelajaran sangat menyenangkan dan media pembelajarannya menarik serta mudah dipahami.

Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan akan penguasaan pendidik terhadap media pembelajaran, metode, model dan langkah-langkah pada rencana pelaksaanaan pembelajaran yang sudah dibuat.

Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah pendidik dilakukan adalah pendidik lebih kreatif dan inovatif dalam memilih metode, model dan media pembelajaran untuk membuat proses belajar mengajar sesuai dengan yang diharapkan

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post