Nuraeni

Nuraeni, Lahir di Bandung, 8 Oktober 1961, Pengawas SMP Disdikbud Kab.Cianjur Jawa Barat. Alumni FPOK IKIP Bandung Jurusan Pendidikan Olahraga. Memiliki suami, ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kue Jawadah
Sumber Gambar: Dokpri

Kue Jawadah

 

 

Kue Jawadah adalah salah satu jenis kue tradisional yang terkenal dengan kelezatannya yang salah satunya ada pembuatnya ada di kecamatan Pasirkuda kabupaten Cianjur. Kue ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya kuliner Indonesia. Dikenal pula dengan sebutan "Jawadah", kue ini telah menjadi favorit banyak orang dan sering dijumpai dalam berbagai acara tradisional, seperti pernikahan, sunatan, penyambutan tamu, samenan, atau Lebaran.

Kue Jawadah memiliki tampilan yang menarik dan menggugah selera. Biasanya, kue ini berbentuk seperti gulungan kecil, yang dipotong saat disajikan, bisa berwarna putih, coklat, hijau sesuai selera dengan tekstur yang lembut yang memberikan sentuhan rasa dan aroma khas pada kue ini.

Kue Jawadah memiliki peran penting dalam melestarikan kebudayaan Indonesia khususnya di daerah Cianjur. Kue ini tidak hanya menjadi makanan lezat yang dinikmati oleh para tamu yang datang, tetapi juga menjadi warisan budaya yang dilestarikan dari generasi ke generasi secara turun temurun. Kehadiran kue Jawadah dalam berbagai acara adat dan perayaan menunjukkan betapa kue ini menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas budaya Pasirkuda.

Kue Jawadah dapat dinikmati dalam berbagai suasana dan momen. Baik sebagai hidangan penutup setelah makan, camilan di tengah hari, atau hadiah istimewa untuk keluarga dan teman. Kue ini juga cocok disajikan dengan segelas teh hangat atau kopi untuk mendapatkan pengalaman yang lebih nikmat.

Komposisi kue Jawadah terdiri dari bahan-bahan dasar seperti tepung ketan, gula, kelapa parut, pewarna kue dan air daun pandan untuk memberikan aroma segar. Adanya bahan kelapa parut dan gula didalamnya, memberikan kesan gurih dan kaya akan tekstur. Kue ini juga biasanya memiliki rasa manis yang lezat dengan sedikit aroma pandan yang khas. 

Proses Pembuatan Kue Jawadah membutuhkan ketelatenan dan keahlian khusus. Berikut ini adalah resep lengkap untuk membuat kue Jawadah:

Bahan-bahan:

250 gram tepung beras ketan (hitam/putih) 500 gram gula aren 500 gram kelapa parut Air secukupnya

Langkah-langkah:

Untuk kulit

·     ketan dijadikan tepung, setelah menjadi tepung dicampur gula merah ditambah air secukupnya, lalu dipanaskan dalam api sedang sampai melumer dan mengental kurang lebih 30 menit – 60 menit.

·     setelah mengental dengan baik di dinginkan sebentar lalu di tuang dan dicetak ke plastik lalu dipipihkan dan dijemur kurang lebih setengah hari (tergantung cuaca) sampai sedikit kering dan bisa terlepas dari plastik.

Untuk isi

·  panaskan sisa gula, campur dengan 500 gram parutan kelapa lalu dipanaskan sampai larut dan bercampur dengan baik sampai airnya surut/kering

·  Setelah kulit diangkat dan kering sesuai yang diinginkan angkat lalu isi dengan Parutan kelapa yang sudah dimasak tadi

·      Gulung kulit sama isi dan setelah itu di potong sesuai ukuran yang diinginkan

·     dan jemur kembali sampai tekstur yang diinginkan

(sumber: Tria Maulani, Guru SMPN 2 Pasirkuda)

 

Kue Jawadah adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang lezat dan menggugah selera. Dengan tampilan menarik, rasa manis dan gurih yang lezat, serta aroma pandan dan kelapa parut yang khas, kue ini telah menjadi favorit banyak orang. Selain sebagai makanan yang lezat, kue Jawadah juga memiliki makna budaya yang penting dalam memperkuat identitas “urang lembur”.

Pasirkuda, 7 Juni 2023

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

mantap ulasannya

07 Jun
Balas



search

New Post