Nuraeni

Nuraeni, Lahir di Bandung, 8 Oktober 1961, Pengawas SMP Disdikbud Kab.Cianjur Jawa Barat. Alumni FPOK IKIP Bandung Jurusan Pendidikan Olahraga. Memiliki suami, ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Lesson Study
Sumber Gambar: Dokpri

Lesson Study

Hari ini, Jumat 23 Februari 2024, dari pukul 08.00 – 17.00 WIB. kami bersama Kepala dan Guru SMPN 1 Ciranjang dan beberapa Pengawas SMP mengikuti kegiatan observasi yang dilakukan oleh Guru Bahasa Inggris di Kelas VIII A (Nia Karniawati, M.Pd.) SMP Negeri 4 Sumedang. Kegiatan ini merupakan kunjungan periset dari Nagoya University Jepang (Mrs. Kusanagi Kanoko, P.Hd.) yang didampingi oleh periset FPMIPA UPI (Prof. Sumar Hendayana, P.Hd.)

Lesson Study adalah pendekatan kolaboratif dalam pengembangan pengajaran di mana guru bekerja sama merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pelajaran mereka. Tahapan Lesson Study yang dilakukan, sebagai berikut:

Plan (Merencanakan): Guru-guru bekerja sama untuk merencanakan suatu pelajaran secara detail. Mereka menentukan tujuan pembelajaran, metode pengajaran, dan strategi evaluasi. Fokus pada desain pembelajaran yang efektif untuk mencapai hasil yang diinginkan. Do (Melaksanakan): Guru yang merencanakan pelajaran memimpin pengajaran di depan kelas. Guru lainnya mengamati dengan cermat proses pembelajaran dan respons siswa. Sesi pengajaran direkam atau diamati secara langsung. See (Mengevaluasi): Setelah pelajaran selesai, guru dan tim melakukan refleksi bersama. Mereka menganalisis hasil pembelajaran, perubahan perilaku siswa, dan efektivitas strategi pengajaran. Temuan dari pengamatan dan refleksi digunakan untuk merancang perbaikan atau penyempurnaan pada pelajaran berikutnya.

Melalui tahapan ini, Lesson Study memungkinkan guru untuk belajar secara berkelanjutan, memperbaiki keterampilan mengajar, dan meningkatkan kualitas pembelajaran melalui refleksi dan kolaborasi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post