Nurafirah Wardana Amir

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengenai Perbedaan Karya Tulis Ilmiah dan Karya Non Ilmiah

Mengenai Perbedaan Karya Tulis Ilmiah dan Karya Non Ilmiah

Mengenai Perbedaan Karya Tulis Ilmiah dan Karya Non Ilmiah, yang perlu kita ketahui...

Karya Tulis Ilmiah adalah biasa disebut karya ilmiah, yakni laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.Ada berbagai jenis karya ilmiah, antara lain laporan penelitian, makalah seminar atau simposium, dan artikel jurnal yang pada dasarnya kesemuanya itu merupakan produk dari kegiatan ilmuwan. Data, simpulan, dan informasi lain yang terkandung dalam karya ilmiah tersebut dijadikan acuan bagi ilmuwan lain dalam melaksanakan penelitian atau pengkajian selanjutnya.

Tujuan karya tulis ilmiah, antara lain:

Sebagai wahana melatih mengungkapkan pemikiran atau hasil penelitiannya dalam bentuk tulisan ilmiah yang sistematis dan metodologis.

Menumbuhkan etos ilmiah di kalangan mahasiswa, sehingga tidak hanya menjadi konsumen ilmu pengetahuan, tetapi juga mampu menjadi penghasil (produsen) pemikiran dan karya tulis dalam bidang ilmu pengetahuan, terutama setelah penyelesaian studinya.

Karya ilmiah yang telah ditulis itu diharapkan menjadi wahana transformasi pengetahuan antara sekolah dengan masyarakat, atau orang-orang yang berminat membacanya.

Membuktikan potensi dan wawasan ilmiah yang dimiliki mahasiswa dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah dalam bentuk karya ilmiah setelah yang bersangkutan memperoleh pengetahuan dan pendidikan dari jurusannya.

Melatih keterampilan dasar untuk melakukan penelitian.

Manfaat penyusunan karya ilmiah bagi penulis adalah berikut:

Melatih untuk mengembangkan keterampilan membaca yang efektif

Melatih untuk menggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber

Mengenalkan dengan kegiatan kepustakaan

Meningkatkan pengorganisasian fakta/data secara jelas dan sistematis

Memperoleh kepuasan intelektual

Memperluas cakrawala ilmu pengetahuan

Sebagai bahan acuan/penelitian pendahuluan untuk penelitian selanjutnya

Sedangkan Karya Non-ilmiah adalah karangan yang menyajikan fakta pribadi tentang pengetahuan dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari, bersifat subyektif, tidak didukung fakta umum, dan biasanya menggunakan gaya bahasa yang popular atau biasa digunakan (tidak terlalu formal). Jenis-jenis yang termasuk karya non-ilmiah, yaitu Dongeng, Cerpen, Novel, Drama, Roman

Ciri-ciri karya tulis non-ilmiah, yaitu:

Ditulis berdasarkan fakta pribadi,

Fakta yang disimpulkan subyektif,

Gaya bahasa konotatif dan populer,

Tidak memuat hipotesis,

Penyajian dibarengi dengan sejarah,

Bersifat imajinatif,

Bersifat persuasif.

Tanpa dukungan bukti.

Berikut perbedaan karya tulis ilmiah dan karya non ilmiah

Karangan ilmiah bersifat objektif dan faktual atau berdasarkan fakta yang ada. Sementara itu, karangan non ilmiah bersifat subjekti dan fiktif atau berdasarkan imajinasi sang penulis.

Karangan tidak bersifat persuasif atau mempengaruhi pembaca, sementara karangan non ilmiah bersifat persuasif dan juga bersifat dapat merangsang imajinasi pembaca.

Karangan ilmiah disusun demi kepentingan pribadi, sedagkan karangan non ilmiah disusun demi kepentingan seni dan kepuasan batin penulisnya.

Karangan ilmiah sangat mengandalkan analisis dan hipotesis, sedangkan karangan non ilmiah tidak terlalu mengandalkan kedua unsur tersebut.

Gaya bahasa karangan ilmiah cenderung formal/baku dan lugas, sedangkan karangan non ilmiah gaya bahasanya cenderung sastrawi dan berkias.

Dari segi penulisannya, karangan ilmiah ditulis dengan meode penulisan ilmiah, sementara karangan non ilmiah ditulis berdasarkan gaya penulisan jenis karangan non ilmiahnya.

Dengan demikian, bisa kita simpulkan bahwa perbedaan karangan ilmiah dan non ilmiah terletak pada enam hal. Adapun kelima hal tersebut antara lain sifatnya, persuasif tidaknya, kepentingan penyusunannya, ada tidaknya analisis dan hipotesis di dalamnya, gaya bahasa yang terkandung di dalamnya, serta metode penulisannya. Keenam hal tersebut menjadi faktor penting yang membuat karangan ilmiah dan karangan non ilmiah berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Demikianlah pembahasan mengenai perbedaan karya tulis ilmiah dan non ilmiah. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan bagi para pembaca sekalian, Sekian dan terima kasih.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post