Nur Amaliah

Assalamualaikum.. Saya Nur Amaliah, kelahiran Jakarta dan kini tinggal di Bogor. Saat ini saya mengajar di Yayasan Pendidikan Islam Syafa'atus Shola...

Selengkapnya
Navigasi Web

Jangan Putus Asa

#tagurh8

Jangan Putus Asa

Pada posisi tertentu sebagai manusia biasa, pasti pernah merasakan kejenuhan. merasa tak berarti dan bahkan mungkin tak bermanfaat untuk orang lain. Perasaan kecewa ketika harapan jauh dari kenyataan memungkinkan kita merasa terpuruk. Ketika rasa kecewa itu berlebihan maka akan membuat keadaan semakin memburuk. Bahkan dapat menimbulkan penyesalan. Kecewa yang berlebihan itu tidak baik. Sekalipun itu adalah hal yang manusiawi. Tapi kekecewaan adalah suatu kesalahn, Kesalahan kecil yang akibatnya sangat besar.

Sebagai manusia beragama. Dianjurkan untuk menghindari rasa putus asa. Jangan bersedih yang berlebihan. Karena itu akan menyisakan penderitaan hidup. Menjauhkan kita dari rasa syukur pada nikmat yang Allah berikan. Allah menentukan takdir manusia berbeda-beda. Memberikan ujian pun disesuaikan dengan batas kemampuannya. Firman Allah لا يكلف الله نفساً إلا وسعها , bahwa Allah tidak membebani seseorang diluar kemampuannya (Al-Baqarah: 286).

Setiap ujian yang diberikan oleh Allah sebagai batas ukuran keimanan kepada Allah. Kegagalan atas suatu keadaan itu mengajarkan kita untuk berhusnudzhon kepada Allah. Bahwa dari setiap kesulitan yang Allah berikan pasti ada kemudahan sesudahnya.

Maka janganlah berputus asa.. Teruslah berikhtiar, berusaha memperbaiki kesalahan. Mengurangi kegagalan dengan memperbaiki cara pandang hidup menjadi lebih baik lagi. Bersabarlah dan tetaplah kuat dalam kegagalan atau ujian. Karena sabar dan tabah adalah kunci keberhasilan dalam sebuah ujian.

Berusaha untuk ikhlas menjalani takdir hidup yang Allah tetapkan. Berfikir positif bahwa akan aada takdir baik lain yang akan Allah berikan. Iringi setiap ikhtiar kita dengan doa dan bertawakal pada Nya. Yakinlah bahwa ada doa kita yang akan Allah kabulkan di saat yang tepat.Kegagalan akan berubah dengan kebahagiaan yang sesusngguhnya.

"Terpuruk bukan berarti harus menjadi manusia yang lebih buruk.". Bangkitlah dari keterpurkan. Perbaiki diri dengan selalu mensyukuri apa yang Allah berikan.

Tajurhalang, 11/10/2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post