Nurani Ike

I wanna be what I wanna be...

Selengkapnya
Navigasi Web
Literasi dalam Kompetisi Sains Nasional 2020
Logo KSN 2020

Literasi dalam Kompetisi Sains Nasional 2020

Masa pandemi covid-19 membuat semua hal, termasuk kegiatan kompetisi atau perlombaan, mengubah konsep awal. Sebelum pandemi, semua kompetisi dilaksanakan secara luring. Namun, sekarang hampir semua kegiatan dilaksanakan secara daring. Seperti kompetisi yang akan dilangsungkan pada tanggal 29 September 2020 mendatang. Kompetisi Sains Nasional diadakan secara daring.

Untuk menghadapi kegiatan ini, semua penanggung jawab KSN di masing-masing sekolah harus melakukan serangkaian kegiatan mulai dari pendaftaran, webinar, simulasi, dan terkahir adalah pelaksanaan lomba.

Pertama, saya meminta pembisa ekstra OSN untuk menyeleksi siswa. Siswa yang diseleksi adalah siswa yang sebelumnya pernah mengikuti latihan dan pembinaan.

Kedua, menyiapkan data siswa dan meminta tolong operator sekolah untuk mendaftarkan para peserta. Adapun syarat-syarat yang harus disiapkan antara lain: SK penetapan peserta lomba, SK kepanitiaan KSN, dan pakta integritas yang ditandatangani oleh peserta lomba dan orang tuanya. Setelah pendaftaran dilaksanakan, peserta akan mendapat password untuk masuk ke aplikasi KSN dan kartu peserta lomba.

Ketiga, kegiatan webinar yang diadakan oleh panitia KSN. Kegiatan webinar ini dilaksanakan pada hari Rabu, 23 September 2020 pukul 16.15 WIB sampai dengan pukul 18.30 WIB. Dalam webinar tersebut dibagikan berbagai macam informasi berupa teknis pelaksanaan kompetisi dan berbagai permasalahannya. Permasalahan yang jamak muncul adalah password yang dimasukkan oleh peserta tidak valid. Hal ini kemudian menjadi sebuah pembahasan dan diberitahukan juga solusinya.

Keempat, kegiatan simulasi KSN. Kegiatan ini berupa sharing teknis lomba melalui Youtube Puspresnas. Kegiatan simulasi dilaksanakan pada hri Sabtu, 26 September 2020 pukul 13.00 WIB. Para peserta KSN wajib mengikuti simulasi karena di dalamnya banyak sekali informasi terkait pelaksanaan lomba yang menggunakan perangkat telepon genggam berbasis android. Sebagai narasumbernya adalah Mas Angga dari Puspresnas dan Mbak Luluk. Setelah mengikuti simulasi melalui Youtube, pada hari Minggu, 27 September akan diadakan simulasi untuk mengerjakan soal kompetisi. Semua kegiatan terjadwal dengan rapi.

Serangkaian kegiatan dari mulai penyeleksian peserta, pendaftaran, webinar bagi para penanggung jawab kegiatan masing-masing sekolah dan tingkat kabupaten, dan simulasi bagi para peserta tidak luput dari kegiatan literasi. Ada literasi membaca, teknologi, dan digital. Kesemuanya menjadi satu kesatuan. Tiap-tiap penanggung jawab wajib stand by di grup penanggung jawab KSN tingkat Kabupaten Batang agar tidak tertinggal informasi dari Puspresnas.

Literasi dalam KSN membentuk manusia yang berpengetahuan luas dan tidak egois. Mana ada kegiatan lomba yang diadakan secara daring, tetapi justru membuat kami para penanggung jawab saling membantu dan membahu.

Warungasem, 26 September 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post