Nurbaiti

Wanita berhijab ini, tinggal di Jakarta Timur, aktifitasnya sebagai pendidik dan pengajar di SMA Negeri 61 Jakarta. Kepo dengan ilmu yang berhubungan denga...

Selengkapnya
Navigasi Web
Gaspol

Gaspol

Ini istilah dalam bahasa pergaulan, terutama di kalangan remaja. Namanya gaspol. Kedengarannya juga enak. Kayak ngegas penuh gitu. Aku ngebayangin kalau sedang "ngebut" motor. Hehehe.

Sebagai guru, apalagi siswanya anak-anak remaja, anak-anak SMA, kita akan berusaha mencari tahu sedikit-sedikit istilah yang sering mereka pakai dalam percakapan sehari-hari mereka. Dengan begitu kita nyambung dan asik kalau lagi bersama mereka.

Aku gunakan kata gaspol itu ketika menyemangati usaha mereka untuk mencapai sesuatu. Misalnya ketika mereka mengirim "laporan" bacaan Al-Qur'an mereka di grup yang kubuat khusus selama bulan Ramadhan. Namanya grup "Tilawah Al-Qur'an".

Grup ini ada di semua kelas yang aku ngajar. Ada 6 kelas. Tidak hanya di sekolah, grup serupa juga berlaku untuk Mak-mak yang belajar membaca Al-Qur'an di sekitar rumahku. Aku berusaha ikut membersamai mereka.

Nah, setiap hari mereka menulis "laporan", maksudnya, memberitahu sudah sejauh mana tilawah mereka. Sesekali aku respon dengan memberi semangat dan motivasi kepada mereka. Kadang aku menulis, "wah keren, anak-anak calon penghuni surga ini. Yuuk kita gaspol. Kubayangkan bisa melaju kencang dengan Ngegas penuh, apalagi di jalan tol. Kusemangati dengan memberi motivasi dan harapan bahwa kita bisa membuat target, bisa khatam minimal 1x selama bulan Ramadhan ini". Lalu tidak lupa kutambah tanda emoji "semangat".

Begitu ceritaku kali ini.

Ahad, 31 Maret 2024 bertepatan 20 Ramadhan 1445H (versi pemerintah).

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Menarik sekali ulasannya bunda

01 Apr
Balas



search

New Post