NURdiana, S.Pd

Pikiran positif mengasilkan perbuatan dan hasil yang positif pula. Nama Nurdiana, simpel namun penuh makna, mengandung doa dari orang tua, nama panggilan Nana/D...

Selengkapnya
Navigasi Web
Modul 2.1.a.6  REFLEKSI TERBIMBING

Modul 2.1.a.6 REFLEKSI TERBIMBING

#24

***

2.1.a.6 REFLEKSI TERBIMBING - MODUL 2.1

1) Dari apa yang sudah Anda pelajari, materi apa yang menurut Anda dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang terkait dengan pembelajaran di kelas Anda?

Materi yang menjadi solusi adalah Pembelajaran berdiferensiasi yaitu pembelajaran dengan mengakomodir kebutuhan belajar murid. Guru dapat melakukan pemetaan/ identifikasi terhadap kesiapan belajar murid agar dapat melaksanakan pembelajaran secara efektif, menyenangkan dan bermakna bagi murid. Guru juga memberikan fasilitas kepada murid sesuai dengan kebutuhan belajarnya, karena setiap murid mempunyai karakteristik yang berbeda-beda sehingga tidak dapat diberikan perlakuan yang sama.

2) Apa yang menurut Anda sulit untuk diterapkan? Mengapa menurut Anda hal tersebut sulit diterapkan?

Hal yang sulit diterapkan adalah proses pembelajaran yang mengakomodir semua bakat dan minat siswa , hal itu karena :

Perlu persiapan ekstra untuk menyiapkan Assesmen dan perangkat pembelajaran khususnya RPP yang sesuai.

Pemahaman orang tua terkait metode belajar yang hanya bersumber dari buku, padahal sumber belajar dapat dari mana saja serta kesungguhan untuk mendampingi putra-putrinya belajar.

Situasi dimasa pembelajaran daring membuat Guru kesulitan untuk melakukan identifikasi dan pengawasan terhadap minat dan profil belajar murid.

Pemahaman bahwa tolak ukur keberhasilan belajar adalah nilai yang bagus, padahal setiap murid memiliki bakat yang berbeda-beda.

3) Jika Anda harus menerapkan hal yang sulit tersebut, dukungan Apa yang Anda perlukan? Kemana atau bagaimana Anda akan dapat mengakses dukungan tersebut?

Melakukan kolaborasi yang baik antar semua warga sekolah (Kepala Sekolah, rekan sejawat, wali murid dan khususnya siswa sebagai subyek pembelajaran)

Tersedianya perangkat pembelajaran yang sesuai.

Mengoptimalkan pemanfaatan media yang ada misal grub whatssapp kelas agar dapat melakukan komunikasi dengan baik selama pembelajaran daring.

Tulungagung, 22 Feberuari 2022 (H+24, Tagur 60 hari)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terimakasih untuk Admin Gurusiana yang telah menayangkan.

22 Feb
Balas



search

New Post