Nur Fajrina

Lahir di Jogja, Agustus 1989. Mengajar di SMPN 2 Gunungsindur Kabupaten Bogor. Baru mulai menulis blog di Gurusiana pada Mei 2020 sebagai pengisi waktu di rumah...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kesiapan Mental dan Kemampuan Beradaptasi Menghadapi New Normal

Kesiapan Mental dan Kemampuan Beradaptasi Menghadapi New Normal

(#TantanganGurusiana ke 82)

Berikut resume Seminar Daring Bimbingan dan Konseling UIN Antasari Banjarmasin yang saya ikuti pada 11 Juni 2020 lalu.

Apa itu New Normal Life

Tatanan

hidup baru,

Istilah yang menjelaskan tentang kondisi kehidupan manusia. Lahir sebagai adaptasi dari masa pandemic covid 2019.

Bagaimana kehidupan new normal akan berlangsung??

Hidup manusia berdamai dengan masa pandemic. Perlahan memiliki kemampuan beradaptasi dan memiliki kesiapan mental

Manusia dihadapkan pada kondisi bahwa menjalani kehidupan mesti berdampingan dengan masa pandemic.Life must go on . Diharapkan Memiliki kesiapan mental, Kekuatan iman / spiritual ,Kemampuan beradptasi Sehingga Mencapai kesejahteraan maupun memperoleh kualitas hidup (Well Being)

š Tujuan kesehatan mental yaitu membangun jiwa untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, mewujudkan diri menjadi Insan kamil, menuntun diri agar terhindar dari gangguan jiwa dan penyakit keji­waan, oleh karena itu agar terhindar dari hal yang akan merusak diri, maka dekatkanlah diri kepada Allah SWT.

š Kemampuan beradaptasi pada aturan baru yang bertujuan membentuk kebiasaan positif dalam masa new normal. Usaha atau perilaku yang tujuannya mengatasi kesulitan dan hambatan disebut penyesuain diri (adjusment). Jadi penyesuian diri menyangkut satu bidang yang kuat sekali, yaitu penyelenggaraan hubungan-hubungan yang lancar, terutama dengan dunia luar, masalah ini perlu dipahami dengan baik, karena gangguan dalam fungsi kepribadian akan memperlihatkan diri dalam gangguan penyesuain diri.

Optimis di New normal Life

š Perubahan pada masa pandemic terjadi pada semua sector kehidupan, pendidikan, ekonomi kehidupan sosial dan budaya serta lainnya.

š Maka dari itu, untuk tetap menjalani dan memperjuangkan kualitas kehidupan manusia harus berdampingan dengan masa pandemic ini. Istilah berdampingan bermakna manusia tetap menjalani kehidupan normal sebagaimana sebelumnya namun ada tantangan baru yaitu kemampuan untuk beradaptasi dengan aturan baru.

š Aturan baru yang membuat kita menjadi pribadi lebih disiplin, sadar akan keselamatan jiwa baik diri sendiri maupun jiwa lain. Bertanggung jawab, dan peduli dengan alam, tidak hanya mendengar berita negative melainkan menyeimbangkan dengan berita positif.

Demikian. Semoga bermanfaat

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih infonya

06 Aug
Balas



search

New Post