Nur Fajrina

Lahir di Jogja, Agustus 1989. Mengajar di SMPN 2 Gunungsindur Kabupaten Bogor. Baru mulai menulis blog di Gurusiana pada Mei 2020 sebagai pengisi waktu di rumah...

Selengkapnya
Navigasi Web
Membuat Game Digital Menggunakan PowerPoint

Membuat Game Digital Menggunakan PowerPoint

( #TantanganGurusiana Hari ke 89 )

Materi ini adalah resume dari salah satu diklat online dari e-guru yang saya ikuti.

Materi 1 : Persiapan Aplikasi

Peserta diminta menginstal aplikasi powerpoint di laptopnya. Jika belum punya, instruktur memfasilitasi berupa pemberian aplikasi

Materi 2 : Konsep dan Materi Game

Tujuan dari game ini adalah untuk menciptakan pembelajaran di Kelas supaya lebih aktif untuk saling berdiskusi dan untuk mengaktifkan siswa dalam menjawab pertanyaan maupun untuk tanya jawab di kelas, bisa individu ataupun berkelompok, sesuai dengan konsep dari guru nanti nya.

Materi 3 : Mendesain Asset Game

Ada Beberapa Aspek dalam pengembangan Media Pembelajaran Wahono (2006):

a. Efektif dan Efisien dalam Pengembangan Maupun Penggunaan Media Pembelajaran

b. Reliabilitas (Kehandalan) Program dikatakan reliable atau handal bila program dapat berjalan dengan baik, tidak mudah hang (error), crash atau berhenti pada saat pengoperasian.

c. Maintainabilitas (Dapat Dipelihara/Dikelola dengan Mudah)

d. Usabilitas (Mudah Digunakan dan Sederhana dalam Pengoperasiannya) Ketersediaan tooltip, help, icon, logo, tombol, dsb akan sangat membantu pengguna yang baru pertama kali menggunakan media tersebut.

e. Ketepatan Pemilihan Jenis Aplikasi/Software/Tool untuk Pengembangan

f. Kompatibilitas (Media Pembelajaran Dapat Diinstalasi/Dijalankan di Berbagai Hardware dan Software yang Ada)

g. Pemaketan Program Media Pembelajaran Terpadu dan Mudah dalam Eksekusi Proses instalasi dan uninstalasi media pembelajaran yang mudah sangat diutamakan untuk memudahkan pengguna dalam menjalankan media pembelajaran.

Dengan menggunakan powerpoint akan sangat mudah untuk di install, bahkan tidak perlu install, jadi misal kendalan memori penuh saat install aplikasi di HP, dapat di perkecil kondisinya.

Materi 4: Mengatur Fungsi Asset Game

Karena game menggunakan powerpoint, pemateri sudah mensimulasikan, bahwa game yang peserta buat bisa berjalan pada device komputer atau Handphone, OS android ataupun Iphone. Karena tidak pakai coding jadi akan mudah untuk di Kelola dan anti eror jadi tidak perlu pemeliharaan program. Yang dimaksud disini adalah Game dalam pengembangan mudah di jalankan atau mudah di buat dalam perangkat apapun. Game tidak memerlukan spek komputer yang besar.

Materi 5: Implementasi Game di Kelas

Karena guru sedang Work From Home, maka dokumentasi saat mengajar di kelas menggunakan games yang sudah dibuat ini diganti dengan dokumentasi peserta saat membuat game di rumah.

Materi 6: Diskusi dan Evaluasi

Berupa diskusi mengenai hasil akhir pembuatan game di grup telegram. Tugas dikumpulkan ke email pemateri. Pemateri memberikan feedback jika tugas peserta belum benar.

Sekian dan semoga bermanfaat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post