Nurhadi

Lahir Pati, 21 Agustus 1964. Pendidikan MI (SD) 1977, Mts (SMP) 1981, MA (SMA) 1983 ketiganya di Madrasah Darun Najah Margoyoso Pati. S1 Pendidikan Bahasa dan s...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tanggapan untuk Harapan

Tanggapan untuk Harapan

Tanggapan untuk Harapan

(Tantangan 671)

Pagi itu anak-anak sudah siap dengan pelajaran materi lanjutan. Materi sebelumnya tentang teks tanggapan. Kali ini anak-anak melanjutkan materi yang sama, tetapi fokus pada membuat kesimpulan. Teks tanggapan dari media sosial sudah disiapkan oleh Pak Guru. Contoh untuk menyimpulkan pun sudah disiapkan. Keraguan Pak Guru tentang kemampuan anak muridnya untuk menganalisis teks tanggapan berdasarkan tugas sebelumnya di buku teks biasanya beredar jawaban di media sosial. Ternyata benar. Jawaban anak-anak hampir seragam dan ada yang sama persis seperti jawaban yang ada di media sosial.

Sekitar lima menit anak-anak duduk dengan rapi. Meskipun ada yang tidak mau diam memperhatikan gurunya, tetapi pembelajaran tidak terganggu. “Anak-anak, kalian hidup di lingkungan tempat tinggal atau di manapun berada, akan menemukan orang yang menanggapi atas suatu peristiwa. Bisa juga sebaliknya, kalian yang memberi tanggapan. Namun yang terjadi kadang tidak sesuai dengan apa yang kita mau. Contoh, kalian menanggapi tetangga kalian yang marah-marah terhadap anaknya dengan memberi saran supaya jangan marah-marah di tengah malam. Tetangga tersebut langsung marahin kalian. Ini contoh tanggapan yang kurang tepat. Begitu juga kata-kata yang kita ucapkan harus sopan dan tepat sasaran. Jika tidak tepat, timbul masalah baru.” jelas Pak Guru dengan menampilkan contoh tanggapan yang terjadi di masyarakat.

“Bapak yakin kalian menjadi orang yang disegani dan dicintai banyak orang dimanapun kalian berada. Jelas anak-anakku?” lanjut Pak Guru. “Maaf Pak, belajar menanggapi ini dipakai enggak untuk melanjutkan sekolah atau kuliah?” tanya Salman yang duduk di belakang. “Terima kasih Man, Justru dari sekarang ini waktu yang tepat mempelajari tanggapan. Nanti kalian sampai kuliah S3 dipakai Nak. Misalnya ada tulisan atau peristiwa. seorang mahasiswa bisa menanggapi dengan sopan dan berdasarkan fakta tanpa menyinggung orang lain. Menulis tanggapan pun jika sudah terlatih, harapan menjadi orang sukses ada di depan mata.

Selasa, 31 Oktober 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post