Nurhasanah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Tantangan H10-H365, Nerd (Orang Eksentrik)

Tantangan H10-H365, Nerd (Orang Eksentrik)

1 Juli 2021

Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris

Dari Wikipedia, kata Nerd atau Eksentrik adalah seseorang yang dipandang sangat intelektual, obsesif, atau kurang keterampilan sosial. Orang semacam itu mengisi waktunya untuk kegiatan tak populer, sedikit diketahui, atau non-umum, yang biasanya sangat teknis, abstrak, atau berkaitan dengan topik fiksi atau fantasi, dengan pengecualian kegiatan yang lebih umum. Selain itu, beberapa orang yang disebut nerd dideskripsikan pemalu, pendiam, penyendiri dan kurang atraktif, dan memiliki kesulitan dalam ikut, atau bahkan mengikut, olahraga.

Secara etimologi, Nerd adalah istilah slang dan berasal dari nama seorang tokoh novel berjudul if l ran the zoo karya Theodor Seuss Geisel (Dr. Seuss). Didalam karyanya, Nerd adalah nama makhluk mungil yang berkarakter ajaib dan eksentrik.

Nerd:orang eksentrik, seringkali dianggap sebagai makhluk yang unik dan berbeda dari orang-orang kebanyakan. Dikutip dari How to Say It in English /silvia/kompas gramedia, ada lima jenis Nerd atau eksentrik yang bisa dijumpai dalam kehidupan kita sehari-hari:

Nerd yang jenius

Nerd yang satu ini memang istimewa dan cerdas, namun minat dan kemampuannya hanya terpusat pada satu hal saja. Artinya ia menjadi ahli atau expert pada satu bidang, namun terkesan bodoh dan kuper di bidang yang lainnya.

Nerd yang obsesif

Menunjuk pada orang yang tergila-gila pada satu hal. Nerd seperti ini disebut juga single-minded dalam bahasa inggris, karena ia mencurahkan segenap obsesi dan gairah hidupnya pada satu bidang saja. Misalnya orang yang gila komputer (terobsesi pada komputer secara berlebihan).

Nerd yang kutu buku

Istilah ini menunjuk pada orang yang mengesankan dirinya sebagai sosok yang pintar sehingga dikucilkan dan dipandang tidak populer. Ungkapan bahasa inggris yang sepadan dengan kata “Nerd” dalam artian “kutu buku” adalah: dweeb, grind, swot, dan wonk.

Nerd yang kurang cerdas

Nerd dapat diartikan sebagai orang bodoh, berkarakter lemah, dan lamban dalam berpikir. Mereka dianggap eksentrik karena sering menyisihkan diri atau terkucil dari pergaulan. Beberapa istilah yang bersinonim dengan kata “Nerd” dalam artian “bodoh” adalah: a feeble person, fool, weed, drip, wimp,simpleton, thicko, dumb-as, sucker and wally.

Nerd yang tidak attraktif

Orang yang kurang menarik pun dapat dikategorikan sebagai Nerd. Umumnya mereka berpenampilan kuno dan tidak trendi, sehingga dianggap menyalahi norma pergaulan masa kini yang mementingkan tampilan dan kemasan fisik.

Kesimpulannya adalah kata Nerd tidak hanya mengistilahkan orang-orang eksentrik atau yang berpenampilan culun layaknya kutu buku, tetapi juga menunjuk pada pribadi obsesif dan mereka yang hidupnya terbatas pada dunia yang sempit. Intinya, mereka adalah orang-orang yang menolak untuk tampil dan bertingkah laku seperti orang kebanyakan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

terima kasih Admin

01 Jul
Balas



search

New Post