Nurhasanah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Tantangan H12-H365, Anak Emas

Tantangan H12-H365, Anak Emas

3 Juli 2021

Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris

Emas adalah perhiasan yang sangat berharga karena keindahan dan nilainya. Menjadi anak emas berarti menjadi kesayangan, yang artinya diperlakukan secara istimewa dan disayang bak emas.

Dalam bahasa inggris kata “Anak Emas” adalah favourite/favorite. Secara etimologi kata favorite berasal dari bahasa Italia favorito yang mengandung makna favor/favour yang artinya rasa persahabatan. Artinya dengan menjadikan seseorang sebagai favorite, kita telah menganggapnya sebagai seorang sahabat. Tentunya akan cenderung bersikap memihak terhadap sahabat atau orang yang kita sukai, dan harus diakui perasaan semacam itu terkadang bersifat bias dan subjektif. Karenanya kata favourite/favorite ini terbentuklah kata favouritism/favoritism yang berarti tindakan pilih kasih. Dengan kata favour berarti kita menyukai orang itu lebih dari yang lainnya. Terkadang kita juga bisa bertindak berat sebelah dan atau berlaku tidak adil karena telah memberikan unggulan secara sepihak.

Contoh:

1. Natalie was always her favorite girl, the one who could do no wrong.

(Natalie selalu menjadi anak emas, orang yang tidak bisa berbuat salah.)

2. Are you sure favorite boy is up to the task, Captain?

(Kau yakin menyerahkan tugas ini pada anak emas itu, Kapten?)

Selain kata favourite/favorite, dalam bahasa Inggris dikenal pula istilah golden boy atau golden girl yang dapat diartikan sebagai anak emas, yakni seorang yang sangat spesial dan mengagumkan.

Contoh : Hollywood’s golden boy (Anak Emas Hollywood)

Tetapi ada kalanya istilah golden tidak ada kaitannya dengan kata favorit ataupun kesayangan.

Contoh:

1. Oscar De La Hoya, the golden boy (Oscar de La Hoya, si anak emas)

(petinju Oscar De La Hoya mendapat julukan the golden boy karena ia pernah memenangkan medali emas di arena tinju)

e The golden girls (nenek-nenek enerjik)

(adalah julukan bagi nenek yang tetap lincah, sehat dan enerjik, meskipun sudah memasuki usia emas, yakni telah berumur di atas 50 tahun)

Sumber dari buku "How to say it in English?"/Silvia/PT Gramedia

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terimakasih Admin

03 Jul
Balas



search

New Post