Nurhasanah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Tantangan H14-H365, Menggurui

Tantangan H14-H365, Menggurui

5 Juli 2021

Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris

To patronize: Menggurui

Kata patronize berasal dari nahasa Latin abad pertengahan patronizare, mengandung makna patron yang berarti pelindung atau pendukung. Seorang yang bersikap menggurui seolah ingin melindungi orang lain, tetapi sebetulnya ia merasa lebih unggul, sehingga merasa berhak menjadi seorang seorang patrpon yang membimbing dan menjaga pihak yang lebih lemah.

Kesimpulannya, kata to patronize berkaitan denga sikap sombong dan merendahkan orang lain. Artinya orang yang bersikap menggurui sebenarnya memandang rendah orang lain dan menganggap dirinya lebih unggul. Dengan kata lain ia berlagak sebagai seorang patron hanya untuk memamerkan kelebihannya. Bisa diartikan juga sebagai kata meremehkan seseorang.

Contoh :

1. A doctor who does not patronize his patient

(seorang dokter yang tidak bersikap menggurui terhadap pasiennya)

2. Don’t patronize me. You know l know what you’re saying

(jangan meremehkan saya. Kau tahu aku tahu apa yang sedang kau bicarakan)

Catatan

Selain bermakna menggurui /meremehkan, to patronize juga memiliki dua makna lain yang berkaitan dengan patron:

1. Menjadi sponsor atau penyokong dana bagi sebuah yayasan, badan, atau seorang individu. Artinya kita menjadi patron yang melindungi keuangan seseorang atau suatu badan,

2. Menjadi pelanggan tetap di suatu tempat usaha. Dengan menjadi pelanggan tetap, secara tidak langsung kita telah menjadi seorang patron yang menyokong dan mendukung kelangsungan suatu bisnis atau usaha.

Dalam bahasa inggris ada beberapa cara mengungkapkan kata menggurui:

To talk down to somebody (mengandung kata down yang bermakna merendahkan orang lain sehingga orang tersebut merasa down atau minder. Ungkapan ini bermakna menggurui dalam artian berbicara dengan nada meremehkan terhadap seseorang)

To look down on ( memandang rendanh seseorang dan menganggap mereka kurang cerdas atau tidak mampu dalam melakukan suaru hal)

To treat as inferior (menggurui dalam artian memperlakukan seseorang sebagai oihak yang lemah dan kurang unggul)

To treat like a child (memperlakukan seseorang seperti anak kecil menandakan bahwa kita menganggap mereka kurang cerdas dan belum matang, sehingga masih harus diajar dan dibimbing dalam melakukan segala sesuatu)

Be lofty with (menggurui dalam artian bersikap angkuh. Seseorang yang angkuh selalu merasa bahwa dirinya uggul atau superior sehingga cenderung meremehkan orang lain. Kata lofty mengandung kata loft yang artinya tempat yang tinggi. Seseorang yang congkak atau lofty memang selalu menilai tinggi dirinya sendiri)

To treat condescendingly (menggurui dengan memperlakukan orang lain seperti bawahan atau orang yang kurang unggul dalam hal status atau kepandaian.

Sumber : “How Do you say it in english/Silvia/Kompas Gramedia

Gambar diambli dari google.com

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yg bermanfaat. Trims

06 Jul
Balas

terimakasih Admin

05 Jul
Balas



search

New Post