Nurhasanah Rosyid

Mengajar di Sekolah Tunas Indonesia, aktif di KKG GPAI Kecamatan Pondok Aren. Gemar menulis diary sejak lulus pesantren tahun 1990. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Makna Surat al-Kautsar

Makna Surat al-Kautsar

Surat Al Kautsar merupakan surat ke-108.

Diturunkan di Mekah,

Terdiri dari 3 ayat dan terpendek dalam Al Quran.

Al Kautsar sendiri artinya nikmat yang berlimpah/ banyak

innā a'ṭainākal-kauṡarArtinya: Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak.fa ṣalli lirabbika wan-ḥarArtinya: Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah.

inna syāni`aka huwal-abtarArtinya: Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus.1. Surat Al Kautsar menunjukkan bahwa Allah SWT memberikan nikmat yang banyak kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Nikmat yang banyak itu di antaranya adalah keturunan yang banyak dan telaga al kautsar di surga kelak."Tahukah kalian apa yang disebut Al-Kautsar itu? Seperti biasa mereka menjawab "Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui."Beliau kemudian bersabda, "Al Kautsar adalah danau di surga yang dianugerahkan kepadaku. Di sana terdapat banyak kebaikan."2. Surat Al Kautsar memberikan arahan kepada Rasulullah untuk mensyukuri nikmat yang banyak itu dengan sholat dan qurban.

Yakni shalat yang ikhlas karena Allah dan qurban yang dipersembahkan kepada-Nya semata.3. Surat ini juga memberitakan bahwa orang-orang yang membenci Rasulullah, merekalah orang-orang yang 'abtar', yakni terputus dari kebajikan dan rahmat Allah.

Keutamaan dari surat Al Kautsar ini adalah manfaat untuk menebar kebaikan. Dan jangan lupa untuk ikhlaskan niat karena Allah dalam beribadah.

sumber. detik.com

Erlangga, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

hello ms ini kevin

26 Jan
Balas

hello ms ini kevin

26 Jan
Balas

hello ms ini kevin

26 Jan
Balas

hello ms ini kevin

26 Jan
Balas

hello ms ini kevin

26 Jan
Balas

hello ms ini kevin

26 Jan
Balas

hello ms ini kevin

26 Jan
Balas

hello ms ini kevin

26 Jan
Balas

hello ms ini kevin

26 Jan
Balas

hello ms ini kevin

26 Jan
Balas



search

New Post