Nurhayati

Lahir di Desa Buniseuri kecamatan Cipaku Kab.Ciamis Sekolah SDN SUKAMAJU Cijoho MTsN Buniseuri SPGN Probolinggo IKIP PGRI UT PGSD Menulis untu...

Selengkapnya
Navigasi Web
AL-KAUTSAR

AL-KAUTSAR

Bismillahirrahmanirrahim,

#Hari ke-43

#Kolom

AL-KAUTSAR

Malam semakin larut. Mata mulai tak bisa diajak kompromi lagi. Sebentar-sebentar ku lihat gawaiku. Yang kutunggu-tunggu tak kunjung tiba. Ternyata bukan hanya aku yang resah. Kubuka WAG mulai ramai. Semua bertanya-tanya, "Mana kajian malam ini? Giliran siapa sekarang?" Ya aku mempunyai grup wa yang setiap malam Jumat secara bergiliran mengirim satu kajian agama dengan tema bebas. Dan setiap kajian akan menjadi bahan diskusi.

Akhirnya aku tertidur juga di kursi ruang tengah. Tepat pukul 22.00 aku terjaga. Kuraih gawai dan langsung kubuka WAGku. Wow puluhan panggilan tak terjawab dan chat memenuhi gawaiku. Aku tercekat "Astaghfirullah... Malam ini ternyata giliranku !!" Panik, aku tak punya persiapan sama sekali. Biasanya kalau tiba giliranku, aku akan sibuk mencari-cari referensi untuk bahan kajian yang akan kushare. Bisa dari quran, buku, majalah , google atau apa pun yang penting jelas sumbernya dan bermanfaat.

Aku mencoba berpikir beberapa saat. Ahh tak juga kutemukan ide, blank....

Akhirnya aku teringat suatu hadits,

" Sampaikan ilmu walau satu ayat." Alhasil kutulis saja surah Al-Kautsar beserta artinya. Di luar dugaan responden banyak membludak. Diskusi pun mengalir. Dan alhmdulillah kami dapatkan kesimpulan tentang makna yang tersirat dalam surah Al-Kautsar. Diantaranya :

1. Surat Al Kautsar menunjukkan bahwa Allah SWT memberikan nikmat yang banyak kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Nikmat yang banyak itu di antaranya adalah keturunan yang banyak dan telaga al kautsar di surga kelak.

2. Surat Al Kautsar memberikan arahan kepada Rasulullah untuk mensyukuri nikmat yang banyak itu dengan sholat dan qurban. Yakni shalat yang ikhlas karena Allah dan qurban yang dipersembahkan kepada-Nya semata.

3. Surat ini juga memberitakan bahwa orang-orang yang membenci Rasulullah, merekalah orang-orang yang 'abtar', yakni terputus dari kebajikan dan rahmat Allah. Juga terputus dari sejarah dikenal sebagai orang baik, bahkan di antaranya benar-benar terputus keturunannya.

Keutamaan dari surat Al Kautsar ini adalah manfaat untuk menebar kebaikan. Dan jangan lupa untuk ikhlaskan niat karena Allah dalam beribadah.

Wringinagung, 6 Agustus 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Pencerahan yang sangat bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung ke sriyonospd.gurusiana.id

07 Aug
Balas

Terimakasih bun pencerahannya

07 Aug
Balas

Terima ksh ilmunya bun

07 Aug
Balas



search

New Post